Tag Archives: arjuna

Petruk sayang , Petruk malang (part 2)

##Lanjutan dari cerita petruk sayang, petruk malang ##

Menjelang senja, petruk yang sudah membuat janji dengan srikandi mau ketemuan, siap2 berangkat menuju negeri ngamarto yang jaraknya lumayan jauh.
Di bela2 in mbolos kerja, jam 3 sore, petruk sudah sampai di stasiun. Suara cempreng bel kereta kertajaya membuyarkan lamunan petruk yang memang sudah menunggu kedatangannya
“Bismillah, aku mau menemui pujaan hati, cenil ariani anakku, doakan ayah selamat dan barokah dlm misi mencarikan pengganti bundamu ya nak “ gumamnya dalam hati.

15 jam dilalui petruk  naik kereta kelas ekonomi, yang bangkunya duduk berhadap2an sesama penumpang, fitur dengkul natap dengkul. semakin menambah penderitaan karna kaki yang gak bisa di selonjorin.
Hanya berharap orang di depannya mengangkat kaki ke atas kursi, baru bisa di kencengin kakinya.
Di iringi suara lagu dari hape yang sudah drop batreinya,
“tunggulah aku di jakartamu, tempat labuhan semua mimpiku..”
lagu kepunyaan shela on sepen, padahal dulu  pas band ini booming,ndak begitu suka. cuma ngepas2in saja sama keadaan, lumayan bisa sedikit mengusir pemandangan sumpek penjual yang riwa-riwi, bolak-balik nawari dagangan padahal bolak balik juga petruk bilang ‘tidak’.
kram, gerah, kesemutan tak di hiraukan asal sampai di tempat tujuan.

Matahari baru saja mecungul dari peraduannya, di barengi suara cicit burung gereja. jam sembilan pagi, petruk sampai di stasiun pasar senen, menahan kantuk, karna semalaman ga bisa tidur, mukanya awut2an, Bulir-bulir keringat menelisep di sela2 ketiak yang baunya mirip gombal pel-pel’an basah.
Sambil menunggu datangnya srikandi, petruk mandi dulu menyegarkan badan, biar ndak keliatan kayak orang hilang.

Kerinduan yang lama terpendam, buyar seketika saat menjumpai srikandi yang tampak anggun memakai baju warna kayak terong.cantik sekali…

Seharian menghabiskan waktu berdua, setiap detik dan setiap jengkal langkah terasa begitu indah, rasa capek dan ngantuk hilang entah kemana karna dia menghadirkan banyak cinta, begitu banyak sampai aku tenggelam di dalamnya.
“nak sepertinya wanita ini tepat jadi pengganti bundamu” begitu kata petruk optimis.

gambar ngambil dari iwaniwe.wordpress.com

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu.. seandainya bisa menghentikan waktu sejenak, ah kenapa matahari harus tenggelam di hari yang indah ini, mau tidak mau , petruk harus pulang. kembali kepada ariani yang menunggu di rumah.
duduk berdua menikmati sisa-sisa waktu bersama dia sambil menunggu datangnya kereta, yang berharap datangnya lebih lama lgi, klo perlu, mogok juga ndak apa2.

Suara deru mesin lokomotif gumarang akhirnya datang juga, membawa petruk kembali pulang ke rumah.. di iringi tembang lawas milik Stinky.
“tetes air mata, basahi pipimu, disaat kita kan berpisah..”
samar2 srikandi terlihat menitikkan airmata. meninggalkan hati yang di titipkan di sana, untuk di ambil lagi suatu saat.  we’ll meet again my dear, someday soon, InshaAllah.
-jakarta, 25 juli 2010-

Esok paginya petruk sampai kembali di ngastino, pulang ke rumahnya, atau tepatnya kost-kostannya yang nyelipnep ke dalam gang sempit, temboknya cuwil2, dan dindingnya mbulak, cuma di cat klo lebaran saja.

Satu bulan, dua bulan, hingga kini satu tahun setelah pertemuan itu, srikandi seolah semakin menjauh..
SMS jarang di bales, telpon kadang ga di terima, status hubungan di fesbuk di tanggalkan, album foto di hapus bahkan akhirnya petruk pun di remove dari pertemanan.
karna akhirnya Raden Drupada, bapaknya srikandi, tahu hubungan petruk sama srikandi. dan Raden drupada rupanya tidak menyetujui hubungan itu.

Kabar terakhir yang petruk tahu, status hubungan dia sudah “bertunangan”.
petruk kecewa untuk yang kedua kalinya.

kepada srikandi
yang pernah mengenalku
yang pernah duduk dan bercerita di sampingku
yang pernah mencoba mencerna hari bersamaku

terima kasih atas warna yang kau lukiskan
terima kasih atas senyum yang kau bagikan
atas kedewasaan yang mengisnpirasi langkahku
atas sebuah cinta yang tak bersyarat.

maaf jika aku menggoreskan luka di hatimu
maaf jika aku belum bisa larut jauh ke dalam warnamu
maaf jika aku pernah mencintaimu.
semoga kamu dan keluarga kecilmu, semakin baik kedepannya.
salam dari petruk dan ariani
-Surabaya, 23 Agustus 2011-


petruk sayang, petruk malang

gambar dari iwaniwe.com

**gambar dari iwaniwe.com

Pada jaman dahulu kala, saat manusia masih bisa bercakap2 dengan binatang, saat semua orang masih sakti, memindah gunung bisa dilakukan dalam semalam, membuat danau cuma beberapa jam saja adalah hal yang lumrah pada saat itu.
internet belom lahir.. listrik belom ada , apalagi komputer.

Alkisah adalah seorang bernama petruk. petruk adalah seorang laki2 yang mempunyai seorang anak perempuan semata manusia bernama Ariani ( bukan semata wayang, karna ini cerita wayang  ,jadi dinamakan semata manusia) hasil pernikahan dengan seorang bidadari dari bulan, bernama Dewi Purnama.
Nama ariani adalah bearti seorang wanita yang tegar, kuat, tahan uji.. sedang dewi purnama sendiri telah meninggal saat kecelakaan bersama petruk. kuda yang mereka tunggngi bertabrakan  dengan sebuah cikar
(bagi yg ga ngerti cikar adalah kereta yag ditarik oleh sapi, kalo yg di tarik oleh kuda namanya dokar, sedang kalo yg di tarik oleh manusia namanya kereta jenazah)

Suatu kali petruk kenal seornang wanita bernama srikandi.seorang wanita yang cantik, berbudi pekerti, dan mandiri.. dia mempunya seorang anak laki2 yang bernama gatotkaca (emang bener , gatotkaca anaknya srikandi?)

Jauhnya jarak keduanya antara negri ngamarta dan negri ngastina.. ujung tanah jawa ke ujung tanah jawa yg lain. tak menyurutkan niat petruk yang sudah menaburkan angan2 indah di awang2, berkeyakinan bahwa “cinta akan mendekatkan jarak”. semakin memantabkan hati petruk.

Singkat cerita *karna pembaca mulai ngantuk*..
Matahari muntup muntup mulai turun di ufuk barat, Bulan nanggal sepisan, hari belum begitu malam. petruk sudah pulang dari kerjanya,sore itu sekitar pukul setengah enam sore terdengar ringtone dari burung merpati dari balik jendela kamar petruk yang sederhana, kumal dan sering kebanjiran.

Ada ‘inbox pesan’

Srikandi mengirim pesan lewat burung merpati (belom ada kantor pos, apalagi sms) yang isinya sebenarnya srikandi mencintai petruk dan ariani, namun dirasa petruk yag menjauhi srikandi, akhirnya srikandi berniat pergi.
petruk melongo kebingungan, gak tau harus ngomong apa, gak ada angin ga ada hujan.. tiba2 dapet pesan seperti itu (canggih juga ya merpati jaman itu, dari negeri ngamarto ke negri ngastino hanya beberapa detik saja.. lha pantes merpatinya punya indosat seh..)

Hari berganti waktu berlalu, dua minggu kemudian. Nun jauh disana,  petruk yg masih kebingungan mencoba bertanya kepada srikandi
“masihkah diriku didalam hatimu??”

Tak dinyana, jawaban srikandi
“sejujurnya kamu masih ada di hatiku mas dan kamu pasti tau itu”
Petruk kegirangan, teriak histeris, lonjak-lonjak nangkring di atas meja kecil. diiringi tepuk tangan dari ariani.
Karena kelelahan, petruk dan arian tertidur. di pelukan bapaknya yang tersenyum simpul karna berpikir bahwa dahulu hanyalah salah paham belaka., ariani nampak terpejam dengan damai.

Suatu kali tanpa tanpa disengaja, si cenil, ariani matur kepada bapaknya.. “ayah, ternyata srikandi sudah jadi milik arjuna”

Ternyata tanggal 1 wulan saka, arjuna ketemu srikandi, srikandi langsung kesengsem.. tanggal 5, srikandi ngirim pesan diatas kepada petruk, untungnya petruk masih menyimpan pesan itu sedangkan burung merpatinya sudah di goreng..
Petruk kecewa, sakit hati, terluka, namun apa daya , arjuna yang lebih rupawan, mempesona luar dalam lebih smart dan gagah perkasa, jelas bukan bandingan bagi seorang petruk.

Petruk yang terus penasaran akhir tahu, bahwa petruk pernah membuat prasasti yang berbunyi “ku sengaja menjauh” pada tanggal 5 dan itu diartikan atau mungkin sengaja di jadikan alasan srikandi bahwa petruk sengaja menjauhinya, tanpa memberi kesempatan petruk menjelaskan maksud prasasti tersebut.
Padahal saat itu maksud petruk lagi omong2an sama semar, karna bau mulut, petruk menjauhi semar.

Nasi sudah menjadi bubur. Kini srikandi telah pergi berbahagia bersama arjuna tanpa pernah lagi memikirkan petruk dan mungkin juga ariani.

Diiringi suara gamelan, petruk mulai nembang lagu milik grup band naff , mengungkapkan perasaan hatinya

“aku Tak Pantas Memiliki
Menyayangi
Mengasihi Dirimu
aku Tak Ingin Lagi Kau Terluka
Mencintaiku

Kini Diujung Asaku
Disepanjang Hidupmu
Kuingin Engkau Bahagia
Tanpa Diriku Ada Disampingmu”

~~~~~ S~E~K~I~A~N~~~~~

~merindukan kata2 “titip cium buat egha”~

lakon wayang diatas tidak pernah dipentaskan oleh dalang, karna hanya memang karangan saya sebagai pengantar tidur sikecil. Silakan tidur bagi yang sudah mengantuk karna dongeng ini.


arjuno mbuh

###berawaldarichating ###berawaldarichating 

Ririn Eka: 🙂
maseko cahyo: ;;)
Ririn Eka: hihihi
Ririn Eka: bapak2 centhiil
Ririn Eka: :”>
maseko cahyo: yo maklum.. lagi tebar pesona…
maseko cahyo: arjuna mencari cinta iki…
Ririn Eka: nek disebar, ono sing gelem munguti po????
Ririn Eka: :))
Ririn Eka: arjuna menebar cintaaaaaaaaaa
maseko cahyo: yo sopo ngerti be’e ono sing khilaf gelem memungut pesonaku…
Ririn Eka: hati2 ni para wanita
Ririn Eka: takutnya sana sini
maseko cahyo: termasuk pean ati2 ae.. iso2 kesengsem lho…

###menghasilakanpostingangakjelas###

gambar diambil dari jawapos.com

Arjuna, adalah lenanangin jagad, pendekar sakti mandraguna,berparas menawan, dan berhati lemah lembut, pemikat hati wanita di dunia (wayang).
seorang playboy pada jamannya kala itu (jaman wayang) dan konon menurut bapak dalang, istri arjuna berjumlah 15 (wayang juga tentunya).
Selain punya keahlian memanah yang tak tertandingi dia juga punya senjata busur sakti yang di sebut “pasopati” yang konon juga bisa membidik sasaran diatas hanya dengan melihat bayangannya saja. *waw*
Banyak sudah pewayangan yang menceritakan lakon arjuna, jadi gak banyak yang saya bisa ceritakan, karna memang sepengetahuan saya ya cuma itu.. sudah begitu terkenal jadi kesannya koq “nguyah’i segoro”.

Kalo ada mesin waktu, saya pengin ke negeri ngamarto.. cuma pengin tau seberapa ganteng seh si arjuna itu…

ha ha ha nggak tau kenapa saya tiba2 nulis tentang arjuna.. idenya muncul begitu saja saat saya chating dengan teman saya.
Bisa saya katakan seorang srikandi. Dewi Srikandi sendiri adalah seorang wanita yang cantik. Selain pandai mengurus rumah tangga sebagai layaknya kodratnya sebagai wanita, ia juga seorang ibu yang hebat.

###

hmm jika saya adalah arjuna itu, pasti banyak srikandi yang terpesona oleh saya.

ah cuma ngayal, saya bukanlah orang yang tampan , gagah apalagi digandrungi oleh banyak wanita, kecuali bagi yang khilaf