Tag Archives: aneh

Ada yang aneh dilidah saya.

Beberapa saat lalu saya sempet membaca blog punya asop , tentang saya, sepuluh hal.

Kadang unik juga mencermati keanehan dan ketidak biasaan tentang diri sendiri. dulu pernah saya bahas di sini bahwa saya nggak suka pedes.
Sampai saat ini ada dua makanan yang belum bisa kompromi dengan lidah saya , yaitu pedes dan gajih. dan sepertinya tiak akan pernah saya kompromikan.
kata orang sih, laki2 yang ga suka pedes itu, orang nya kalem, lembut dan penyayang sama wanita.*membela diri*
Waktu saya mengutarakan hal ini, langsung d protes istri saya (almh), “teori dari mana itu??”
ya saya bilang. logikanya sederhana, saat kita kepedesan, lalu minta tolong ambilkan air minum, misal istri kelamaan dikitt aja, kan si suami jadi marah ya tho? hehe

Kalo di tulisan yang saya ga suka pedes itu, saya nyeritain hal yang ga saya suka, saat ini saya mau ceritain hal yang setengahnya saya suka, namun setengah di saat yang lain jadi gak suka.

1. Bawang merah
Ada kalanya saya sangat membenci aroma bawang merah, apalagi saat di iris tipis yang bikin nangis. tiap makanan yang ada bawang merahnya, pasti selalu saya sisihkan.
tapi anehnya, saya sangat menyukai rasa dan aroma bawang, saat di campur dg sate. apa karna udah ter netralisir sama bumbu sate ya??

2. Daun bawang
Dulu istri saya selalu uring2an karna tiap kali makan soto, mie ayam atau bakso yang di taburi irisan daun bawang, selalu saya buang.(daun bawangnya, bukan baksonya)
namun di saat yang lain gantian istri saya yang saya tantang makan lumpia pake daun bawang yang masih utuh panjang2. ternyata dia nggak doyang yang utuh. *nah lho*
aneh memang, saya doyan yang masih utuh panjang, ketimbang yang udah di iris. emang bedanya apa?

3. Taoge / kecambah
di masak model apa aja, saya gak suka kecambah, kecuali kalo kecambah yang di campur urap-urap.

4. lemon
Saya suka aroma lemon, tapi tidak akan saya makan saat berganti merk mama lemon (ini guyon)

5. makanan anjing.
Bukan.. bukan.. jangan salah sangka. saya gak akan pernah makan makanan itu. saya cuma heran aja, darimana mereka tahu kalo makanan anjing itu enak???

6. saya suka ngemut sesuatu.
Biasanya tusuk gigi, batang korek api, ato sedotan air mineral. tapi  syukurlah kebiasaan ini (yang katanya buruk) sudah bisa saya hentikan.
Penyebabnya, waktu itu saya berada dalam mobil perjalanan rombongan tim sepak bola kampung, ada yang janggal di mulut saya, karna saya lupa gak ngemut sesuatu.
pandangan saya tertuju batang korek api yang tergeletak di dekat jendela. tanpa assalamualaikum, langsung saja saya emut itu.
Teman di depan saya (kita duduk di belakang yang kursinya berhadap2an), cuma ngeliatin, sambil tersenyum kecil.
Waktu itu saya belum ngeh kenapa dia tersenyum seperti itu, setelah mendapat hidayah, akhirnya saya nebak
“ini bekas kau emut ya???”
dia cekikik’an… ah sial.

7. lidah saya berasa manis
Kalo gak percaya, silahkan mbak-mbak boleh mencicipinya.


Mirip siapa aku?

gambar dari iwaniwe.com

Sore tadi, tiba2 saya dapat SMS dari caca,
“Subhanallah.. ada pgwai dinkes yg wajahx mirip bgt sm kmu”
..ehem ternyata diam2 caca mengagumi wajah saya..
tak balesi  “ganteng koyok aku”
g lama berselang SMS terkirim, di balesi
“titik hehe.. haduh trnyata g cuma nama ya, wajah juga pasaran :))”
*nggondok polll*

——————————-

Dulu sewaktu kecil, oleh tetangga2, saya sering di katakan mirip bapak (jelaslah, wong anaknya). Mungkin juga kita mengalami hal demikian.. dibilang hidungnya mirip bapak, dikatain mulutnya mirip ibu, diomongin rambutnya mirip eyang kakung, digosipin telinganya mirip tetangga *disclaimer* etc

Mereka bisa mengatakan itu karna ada pembanding orang2 terdekat, setiap hari ketemu jadi mudah untuk membandingkan. Namun bagaimana jika yang mengatakan hal demikian diatas adalah orang yang ga pernah sekalipun melihat keluarga kita?? ini juga yang sering saya alami

Sewaktu SMA saya pernah dikatain si rima alias ahonk mirip duta vokalisnya Shelia on 7, ga tau dari apanya,.. mungkin dari mimik wajah yang sayu, tampang ndeso, gondrong ga keurus.. jauh dari kesan elegan.
Tapi  itu gambaran duta pas masih culun lho.. kalo duta jaman sekarang sih .hmm agak2 jauh… jujur

Juga pernah saat kuliah, (saya lupa siapa yg ngomong kalo ga salah fitri ato nita) tapi ada.. saya dikatain mirip bams vokalisnya samsons.. lagi2 dibandingin sama artis. Padahal jelas2 jauh beda, Bams punya wajah yg bulet dan rambut lurus, sedang saya wajah oval, rambut ngruel2.
hmm kalo sekilas memang ada 2 hal kesamaan saya dengam bams, punya alis tebel (malah kata ibunya didit, alis saya kayak ulet bulu) dan sama sama berjenggot.. (mbeeek)

Entahlah, saya bukan memiliki wajah yang unik apalagi extreem, saya merasa wajah saya biasa2 saja tapi mungkn punya khasnya tersendiri.
yaa.. seseorang mungkin lebih mudah mengingat wajah saya walau sekilas bertemu.. bayang2 dejavu wajah saya langsung merasuk kedalam otak mereka, menelingsep diantara memori ingatan lainnya.
kesengsem atau sawanen?

gambar dari iwaniwe.com

Beberapa kejadian yang berhubungan dg wajah.

Pernah pas di Hi techmall, tiba2 saya disapa seseorang,
“hoi, yaopo kabare” sapa dia
Dalam kondisi disapa seseorang yang kita sendiri lupa siapa dia, ga mungkin lalu kita balik nanya “kamu siapa?” atau “aku kenal kamu tah?”.
Untuk menghargai perasaan dia, dan menghindari cap sombong, ga setia kawan dll.. maka saya berpura2 sok kenal..
“oh iy jeh apik-apik ae..bla..bla..bla”
saya pun balik bertanya tentang hal-hal yang umum.. seperti kerja dimana, kesini ngapain juga bertaya kabar si ini, si itu, si anu..
Tentu saja dia melongo karna yang saya tanyakan temen2 SMA saya, sedang dia,,……. ngaku mantan teman kerja saya.
*lak yo isin seh rek*

Suatu kali saat saya ke WTC, ada seseorang yang nyeletuk…
“mas, kayaknya wajah mas familier banget ya.. sepertinya pernah ketemu”
“wah ketemu dimana ya pak?”
tanya saya
“nggak tau seh, mas kerja dimana seh?” jawab bapak tadi
“oo kalo duu saya instalatur speedy pak, mungkin saya pernah pasang speedy d rumah bapak”
“mungkin juga seh”
*pembicaraan ga penting*

Nah pas ke BRI Tower, pun saya pernah mengalami hal demikian
seorang bapak :  “mas dulu kuliah di universitas ‘anu’ ya?” —> saya sebut ‘anu’ karna ga jelas dia ngomong apa
saya;  “oo enggak koq pak”
seorang bapak ; “wajahnya mirip teman saya, makanya tadi ta kira temen saya”
*ini juga pembicaraan ga penting*

Pernah juga pas ke UK Petra, sama temen mas julius saya di tanyain
“mas ini apanya  julius??”
“bukan siapa-siapanya pak, temen kerja”
jawab saya
“wajah’e koq mirip ya”
*amit-amit jabang bayi lanang wedok*

Kemaren, pas saya ke BCA, saya nungguin teman saya setor.
di area parkiran, sambil ndengerin MP3, saya duduk2 diatas jok sepeda.. ujug-ujug ada ibu ibu ngomong “limaratus ya mas?” sembari ngasihin duid koin limaratusan.
*JGLARR*
______________________________________
Tambahan:

Kemaren pas saya jaga pameran SSF di TP, seorang pengunjung juga melihat saya dg tatapan yg aneh.. katanya sih mirip sodaranya, ya ganteng juga katanya *dehem*
ealah lha kog terakhirnya minta diskon..


aneh2 mitos

Tiba2 saya teringat masa2 kecil.. mungkin sering mendengar hal-hal beginian
” jangan berdiri di belakang pintu, nanti di gondol butho ijo”  — digondol seh ga mungkin.. kejeduk pintu pas ada orang mbuka seh iya..
“mata bintitan itu karna abis ngintip org mandi” — bintitan itu kado kan??………… *itu bingkisan duduts*
“jangan duduk di atas bantal, ntar bisulan” —ga sopan aja, bantal kan buat kepala—
“anak kecil ga boleh makan brutu, ntar jadi pikun”  —ini sih akal2an orang tau aja, biar dapet bagian yang enak (_ _”)—
“kalo pipis ga boleh pegangi ‘cucak rowo’ nya  nanti jadi burung emprit”  — he..he.. yang terakhir ini karangan saya sendiri.

Mungkin kita masih ingat mitos2 serupa macam diatas.. jadi terpikir, sebenarnya simbah2 kita mempunyai kepekaan dalam menyikapi fenomena yang terjadi di sekitarnya,
namun mungkin karna rendahnya pengetahuan ditambah ga nututnya nalar mereka dalam menjelaskan kepada anak cucu mereka, penjelasan ala kadarnya..dan cenderung g mau di repotin pertanyaan2 kelanjutannya.. jadi timbullah mitos2 tersebut.
misalnya,  jika ada gempa, dan ada anak kecil yg tanya gempa itu kenapa??. Alih-alih menjelaskan bahwa sedang  terjadi pergeseran tanah karna adanya pergerakan bumi, si embah hanya enteng berkata, bahwa ada ular besar Nogogeni sedang lewat di bawah tanah.
atau saat terjadi gerhana bulan, si embah mengatakn bahwa bulan sedang di makan bethoro kolo, maka untuk mengusir hal tersebut anak2 kecil di suruh mukul2 kentongan. biar sang rembulan ‘di lepeh’ lagi sama si bethoro kolo,
saat itu saya yang masih polos, lugu, culun, .. ya ho’oh aja di katain demikian… semakin membuat orang bingung (kalo dipikir) dan tidak paham (kalo ga mau mikir).

percaya ga percaya, masih banyak mitos2 yang beredar di masyarakat kita, emang ada yang baik, ada yang ga masuk akal… bahkan ada yang mengandung syirik. tapi ada juga mitos yang konyol tapi serem.

“cewek kalo nyapu yang bersih, kalo nggak nanti suaminya brewokan”

weleh.. lha saya brewokan, mangkanya g ada cewek yg mau jadi pacar saya, takut di cap anak pemalas kali…
ahh.. semoga aja dian sastro kalo nyapu ga pernah bersih..!!

aamiin 33x