unas?? apa sih??

gambar dari trimujokobayuaji

gambar dari trimujokobayuaji

Sebenarnya agak telat saya memposting ini, karna terlalu SIBUK (nguruSI fesBUK) , jadi ga sempet ke posting, mumpung sekarang agak longgar , saya sempatkan memposting.. eman daripada cuma jadi draft di folder…

Sebenarnya untuk apa seh unas itu??

kalo saya ditanya demikian, maka saya jawab.. “ganti seragam !!” ya !, dari pakai seragam merah ganti seragam biru , dari seragam biru ganti seragam abu2, dari seragam abu2 ganti baju manten.
*hayah*

Beberapa saat lalu, adek saya minta doa dan dukungan karna bentar lagi unas.. “..mas doain ya biar bisa masuk unibra” gitu sebagian kata smsnya.

Saat melihat berita di teve, begitu mengagetkan, indonesia banyak dipenuhi orang2 stres…pengusaha yang bangkrut karna krisis global akhirnya karyawan yang kena PHK juga stres.. ditambah puluhan ribu caleg yang gagal jadi anggota dewan.. akhirnya ditiru adek2 sma, smp, dan sd, ikut2an stres menjelang unas. Unas bagaikan sebuah perang, perang yang menentukan apakah akan berhasil membuang seragam lama trus di coret2, lalu beli seragam baru. unas,masih dianggap momok bagi sebagian besar adek2 kita. berbagai cara di tempuh agar berhasil dalam UNAS, mulai dari cara2 yang elegan sampai cara2 yang curang dan licik.

Sama, saya dulu juga pernah menghadapi unas (dulu masih di sebut ebtanas),bahkan saya di ‘tawari’ (dalam artian di suruh beli) teman saya bocoran soal ebtanas tapi ketika saya tanya, “dapat dari mana?” teman saya menjawab “dari pegawai depdikbub, bagian ngetik soal unas…lalu karbon yang dipakai ngetik tadi, dibawa pulang” menggelikan!!! soal unas di ketik?? pakai mesin tik?? sudahlah ga usah dibahas.. jelas2 ga logis

Jika semua orang tahu fungsi sebenarnya dari ujian adalah untuk mengukur seberapa besar kemampuan siswa dalam menguasai dan memahami pelajaran2 yang telah didapatnya dari gurunya. unas, seperti halnya dalam cerita, arjuna yang diuji oleh gurunya…

Ada seorang guru bernama Resi Dorna sedang melatih murid2nya memanah. sang guru mencoba melatih murid2nya untuk membidik seekor burung yang bertengger di dahan pohon. sang guru lalu memerintahkan semua muridnya (sebut saja wagimin,wagiman,wagino dll) merenggangkan busurnya, mengarahkan ke burung tersebut.

Resi dorna bertanya “Apa yang kamu lihat?”
wagino: “Saya melihat burung, pohon dan gunung yang indah”
Resi Dorna: “kamu gagal,pergilah dari sini” “

Apa yang kamu lihat?”
wagimin: “Saya melihat burung.. siap dimasak !!”
Resi Dorna: “Turunkan busurmu , dan pergi” “

Apa yang kamu lihat?”
wagiman: “busur saya sedikit bengkok, saya tak yakin bisa mengenainya”
Resi Dorna: “kamu juga gagal , pergilah kau!”

Sampai pada giliran arjuna.

Resi Dorna: “Apa yang kamu lihat?”
arjuna: “Saya melihat burung, mati tertancap anak panah, yang ku lepaskan” Resi Dorna: “Bagus, sekarang panah burung itu”
arjuna lalu melepaskan panahnya, zzleeebb, burung itu tersungkur, tertembus panah di lehernya.

~~~bersambung~~~

lalu apa sih yang membedakan unas dengan ebtanas saya dulu??

Kalau ebtanas dulu, patokan kelulusan adalah rata2 dari semua mata pelilajaran, dan kalau sekarang,yaitu setiap mata pelajaran yang di ujikan , harus mencapai nilai minimum. Hal inilah yang sering diprotes banyak siswa, ada case, siswa juara olimpiade fisika, tidak lulus unas gara2 nilai matematikanya jeblok. memang dari segi humanity sangat tidak adil, namun tujuan pemerintah adalah ingin setiap lulusan, mempunyai daya saing bukan cuma 1 bidang kalau bisa semua bidang. itu juga sesuai dengan tuntutan dunia kerja.. dalam dunia kerja tidak ada kesempatan kedua.. kalau tidak lulus tes interview.. jangan harap mendapat pekerjaan meski tes tulis hasilnya bagus… saat interview kerja ,perusahaan biasanya menanyakan.”selain kompetensi yng anda miliki, kontribusi apa yang bisa anda berkan kepada perusahaan ini?” . Yakinlah bahwa teman sebangku kamu, org yang kamu contekin sekarang… kelak bisa menjadi lawan saing…

Melihat kemajuan tekhnologi sekarang seharusnya menjadi mudah untuk meraih yang terbaik…

~~~sambungan~~~

Ketika palgunadi datang, dan berharap bisa menjadi salah satu murid dari resi dorna. namun, Resi dorna yang sudah kesengsem oleh kemampuan memanah arjuna, berjanji tidak akan menerima murid selain arjuna, Jadi ia menolak palgunadi. palgunadi tidak patah arang, ia lalu menyepi ke hutan, dan semedi di dalam sebuah goa. dalam goa, palgunadi membuat sebuah patung yang menyerupai resi dorna, ia pun berlatih memanah dengan ditemani patung resi dorna.
Suatu hari, palgunadi terganggu oleh suara gonggongan anjing, dengan sekali sikat…anak panah dilepaskan dan tepat mengenai mulut anjing itu. kebetulan ada rombongan Arjuna yang juga sedang memburu anjing itu.arjuna mendapati anjing itu sudah dalam keadaan mati tertancap anak panah, sepertinya panah itu dilepaskan dalam sekali tembakan. Arjuna sangat mengenali Itu adalah ciri-ciri ilmu panahnya resi Dorna. arjuna lalu berkata “siapa yang membunuh anjing ini?”
Lalu muncullah palgunadi,sambil berkata “akulah yang memanah anjing itu!”
arjuna bertanya “siapa gurumu?”
“aku adalah murid resi dorna” jawab palgunadi

Arjuna lalu melapor ke Dorna, protes, bukankah resi Dorna sudah berjanji tidak akan menerima murid lagi. Resi Dorna kemudian mendatangi palgunadi dalam guanya, menanyakan darimana dia mempelajari ilmu panah. Palgunadi menjawab bahwa dia diajari oleh patung Resi Dorna. melihat kemampuan Palgunadi sudah sedemikian hebatnya, malah melampaui kemampuan Arjuna. Dorna akhirnya bersedia menerima Palgunadi jadi muridnya, dengan syarat, kedua jempol tangan harus dipotong. Syarat dipenuhi ,Palgunadi lalu memotong sendiri kedua jempolnya.Dan karna tidak mempunyai jempol tangan, palgunadi tidak bisa lagi memanah, namun dia merasa senang karna akhirnya bisa menjadi murid Resi Dorna.

~~~tamat~~~
*cerita wayang versi mahabaratha dari forumdetik yang saya tulis kembali dg bahasa saya

Moral cerita,
Kadang kita lebih mudah menggapai tujuan disaat banyak keterbatasan pada kita.kita mampu menemukan jalan saat dalam kebuntuan meski dengan cara2 yang ga logis. kalau dulu dijaman saya, belum ada internet (dark age pokoknya ), bahkan karna keadaan ekonomi, saya tidak pernah beli buku diktat dari kelas satu sampai kelas 3 sma.. terhitung hanya 1 buku geografi itupun karna di wajibkan oleh pak bushro. karna kalau tidak punya maka tidak boleh ikut pelajaran.
Saya berhasil lulus ujian, maka seharusnya adik2 jaman sekarang (internet begitu murah,diktat dapt di download gratis) seharusnya juga harus bisa.
Jadi buat adek2 SD,SMP,SMA, unas itu hanya tes kecil.So, gak perlu tegang menghadapi UNAS. Ini cuma permainan iseng aja. Santai dan hadapi dengan tenang, yang penting, Tetep fokus..abaikan semua godaan, selalu optimis, tak kenal menyerah, dan jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal2 UNAS berdoa mulai..

“BISMIKA ALLAHUMMA AHYA WA BISMIKA AMUTU”

About maseko cahyo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: