Monthly Archives: Maret 2009

honda versus yamaha

Dulu, saat masih kerja di Indonesia Network, selagi nunggu Work order, atau sepulang dari instalasi, saya dan teman2 sering debat kecil2an tentang mana yang lebih hebat honda atau yamaha
para pemakai honda yang saat itu ada mas julius, mas lilik, ricuh, ekonov selalu membanggakan bahwa ‘bagaimanapun juga, honda lebih unggul’,
sedangkan para penunggang yamaha ada , saya, hatman, hendrik dan satu lagi yang sebenarnya saya males ngakuin, karna motor sama orang nya sama-sama ga enak dilihat,mata jadi sepet,bikin prestige yamaha anjlok dan namanya ga usah saya sebutin pasti temen2 sudah pada tahu ” sori ya fred!”
kita para pengagum yamaha selalu membela bahwa ‘yamaha selalu di depan’
lalu di timpali oleh mereka tapi ‘bagaimanapun juga, honda lebih unggul’
lha tapi kan ‘yamaha selalu di depan’
mbulet gitu terus (meminjam istilahnya MK) di lakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif sampe jam pulang.
*sigh*

pagi ini, saat siap2 berangkat kerja, tunggangan kesayangan saya mogok, nggondhok ga mau nyala. padahal kemarennya baru tak servis.
kata mekaniknya seh sedikit mengejutkan, aneh dan diluar perkiraan analisis teknis dan psikis tentang penyebab mogoknya
kalo yang ngomong saya, kalian boleh ga percaya,tapi karna yang ngomong adalah seorang mekanik, jadi kalian harus percaya bahwa penyebabnya adalah karna motornya mogok kalau di naiki orang ganteng *dehem*
dan karna terpaksa, jadinya saya harus pake motor honda punya adek, oke, kalian para pengikut honda boleh menepuk dada, kalian menang.

Dalam perjalanan ke surabaya, saat lampu merah di perempatan segoromadu gresik, saya sempat perhatiin , ada banner kampanye ‘safety ridding’ yang kalau di bahasa indoseiakan artinya kurang lebih ‘berkendara yang aman’. Materinya tulisan berisi ajakan agar pengendara R2 berjalan di lajur kiri, menyalakan lampu, memasang 2 spion, dan memakai helm standart.
pastinya itu program dari polda jatim dengan polres gresik (saya tahu dari logonya) dan sponsor utamanay adalah ~lagi2~ honda (saya tau dari logonya juga)
dan didalam iklan itu juga ada nampak seorang pengendara motor yang kecelakaan, berada di tengah2 median jalan dan sedang di tolong polisi dan lagi2 motornya honda

Nah kalau sudah begini (teori provokasi murahan), saya bisa ngomong berarti ‘honda ga  aman untuk berkendara’
yes !! skor satu sama..

nb: saya bukan promosi ,black campaign ataupun sabotase , saya bukan marketing yamaha dan saya ga pernah dibayar yamaha untuk menulis ini.
jadi ,kpd  pihak honda, mohon maklum. ini saya tulis hanya ingin menang dari perdebatan konyol dari orang2 tolol.


lagi-lagi soal lupa

Entah harus di upgrade bagaimana lagi agar otak ini bisa sedikit lebih lama, setiap data yang masuk dapat di simpan di database , jadi bukan cuma sekedar jadi temporary saja.seandainya ada slot memory external, pastilah sudah tak tambahin

Udah ga terhitung berapa kali saya harus kebingungan dimana tadi naruh barang . yang malah bikin mumet, justru itu barang yang penting, kayak kunci motor, dompet, hape…
terutama kunci motor , sering banget kelupaan naruh. kapan hari pernah didamprat habis-habisan sama tukang parkir kampus ITS, hanya karna aku lupa nyabut kunci dari motor. ya..emang dilematis, disatu sisi saya merasa tertolong, namun disisi lain ..ya yang namanya diomeli,siapa sih yang betah???
pepatah keledai tak akan terperosok ke lubang yang sama (untungnya saya bukan keledai) ga berarti buat saya, lagi-lagi saya kehilangan kunci motor..dan untungnya, lagi-lagi di temukan tukang parkir .tetep aja dilema karna mesti ngasih upeti sebagai balas jasa-lah , uang rokok-lah
sudah?? belum..!! lagi-lagi saya kehilangan kunci, tapi kali ini yang nemuin teman saya , pikir saya saat itu ..ah lega ga akan ada dilema lagi..teman memang selalu ada saat kita membutuhkan.. *terharu*
jauh panggang dari api, angan tinggallah angan..tibakno podho ae!! lagi-lagi saya harus merogoh kocek buat mbeliin bakso agar bisa menebus kunci motor
*asem tenan*.

Peringkat kedua yang sering kelupaan, adalah hape. mulai dari ketinggalan di toliet (pernah saya ceritain di tulisan ‘hape bisa bikin pelupa’).. ketinggalan di rumah pacar (sengaja , biar ada alesan ketemu lagi)
dan paling sering,ketinggalan di kost’an,  kalau sudah begitu, giliran atasan yang yang ngomel. ya iyalah.. puluhan miskol dari temen kantor, dan dari bos .(kayak orang penting aja)
“hapemu kog sulit sekali dihubungi, kenapa?” tanya atasan saya
“waduh ga tau , dulu kata mbak wati memang hape ini susah agak dihubungi, padahal ngga mati, kalau minta ganti, gimana?” *ngerayu*
“ya sudah , nanti tak tanyakan wati, apa ada stok hape”
“kalo bisa sih yang ada kamera, mp3, radionya ya”
“enakmu!!”

Bukanlah hal yang heboh bagi orang rumah, setelah 15 menit lalu sudah berpamitan berangkat kerja, salim cium tangan ortu (berbakti kan??), cipika-cipiki, foto-fotoan *harah*, lalu balik lagi kerumah karna dompet ketinggalan di saku celana kemaren.
paling-paling sambutan orang rumah..”ono sing keri tah?” ngono thok!. kalah heboh sama infotainment yang memberitakan apakah benar dewi persik menikah siri??, yang disiarkan dari pagi ke pagi lagi, dari satu infotanment ke infotainment yang lain , bertubi2..seolah2 kalau dewi persik benar-benar menikah siri, bakal terjadi sesuatu yang dahsyat , misalnya lumpur lapindo ujug-ujug mampet, banjir tiba2 surut, harga sembako langsung turun.. bayi yang belum waktunya lahir tiba2 keluar… *harrah*
bagi saya, sifat lupa ini mengganggu banget..buang2 waktu dan energi..tapi untunglah, selama ini saya ga pernah lupa tanggal gajian, juga selama ini belum pernah lupa ga pake sandal saat pulang dari masjid.
pernah saya mencoba menyiasati sifat lupa ini dengan membuat reminder di hape..n catetan kecil di kertas..eee malah catetannya lupa nyimpen dimana..

## berpikir mencari tahu penyebabnya.

Setelah menganalisa dan bereotrika sederhana, saya mendapatkan hasil, kenapa memory saya kesulitan mengingat sesuatu .
selain karna faktor usia (nyadar ! .. segera buat surat wasiat nih!), ternyata faktor dari luar sangat mempengaruhi daya ingat.

1. karna hape

sedikit mengkambing hitamkan tekhnologi, tapi memang ada hubungannya..tapi karna sebelumya sudah pernah saya tulis “hape bisa bikin pelupa” jadi ga usah tak tulis lagi,silahkan di cari sendiri.

2. Kebanyakan Interupsi

Saat mencoba mengingat sesuatu, fungsi kedua otak kanan dan kiri harus benar-benar dioptimalkan. dilogika, direncanakan, diawang-awang, disiasati, disusun secara apik ,diingat,lalu disimpan..
Nah ,Seandainya di tengah proses mengingat, tiba2 ada interupsi dari menejer, bos, pacar, teman sebelah meja yang kliatan tali BH-nya, suara bakso lewat, tapi kalo liat cewek lewat di balik jendela, segera kabur!! , lha wong saya di lantai 2,
maka harus mulai menata dan mengingat-ingat kembali apa yang tadi telah tersusun rapi tadi. buyar ingatan wes!!

3. menyimpan ingatan yang ga penting

Hidup memang dinamis,dan kita mesti dituntut mampu mengakomodasi segala perubahan kebutuhan.ika segalanya jauh dari harapan, maka bisa-bisa harus merombak banyak hal, bahkan membuat apa yang telah direncanakan sebelumnya, menjadi sia-sia.
Ya, itu tadi, misalnya, rencana A tidak bejalan sesuai harapan , lalu datang rencana B yang sudah berjalan dengan baik, kenapa masih mengingat rencana A??

Demikianlah, ini tak tulis sekalian untuk mengasah kemampuan daya ingat saya , tulisan ini sudah saya angan2kan sepanjang perjalanan pandaan-surabaya.. sambil mengingat2 seharian kemarin ngerjain apa aja sama teman2, mulai dari pas datang… sampai menjelang pulang ,
main kartu, main tenis, ngopi, jumatan bareng…syukurlah semuanya saya bisa ingat dengan baik.. yang penting sekarang nikmati perjalanan….
astagfirullah !! charger hape ketinggalan!!

*tepok jidat*