simpan asap rokokmu!

Saat chatting sama rini (rini temen FS , bukan yg di iklan putus sekolah itu lho), saya di tanya pendapat saya tentang fatwa MUI ttg golput. terus terang, kalo ngomongin politik pastinya akan mbulet dan ujung2nya malah ruwet, jadi saya malah terpikir menulis tentang salah satu produk fatwa MUI “rokok haram” ,fatwa yang masih mengambang, ada yang pro dan ada yang kontra, masing2 kubu sama2 memiliki argumantasi yang berbeda.
MUI sendiri hanya mampunyai dalil hukum yang bisa dibilang lemah yaitu ;
– merokok lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya( Qs al-baqarah:219) Kata khamar dalam ayat ini adalah segala sesuatu yang merusak, bukan hanya arak.
– merokok adalah perbuatan setan (merujuk kata khamar). (Qs al-maaidah:90)
– merokok Termasuk berlebih2han (membuang-buang uang) (Qs al-an’aam:141)(Qs al-a’raf:31)

tidak ada dalil yang secara explicit menyebut bahwa rokok itu haram.
jadi lahirlah fatwa setengah hati yang menyebut rokok haram bagi 4 hal.
1 haram bagi anak-anak ,
hmmm berarti saya boleh ngerokok dong? saya kan udah dewasa ~meski tingkah masih kekanak-kanakan~ .memang sih saya juga pernah lah sekali dua kali mencicipi rokok itupun boleh di kasih temen.
(tolong jangan membayangkan temen2 saya baik hati dengan membagi rokok.itu di kasih karna mereka ogah ngisep rokok yang udah saya emut-emut doang)
jadi lekatlah julukan saya kala itu perokok berat (mberatno koncone). sampe2 temen2 menciptakan syair, trus di nyanyikan…

jreng!! *ini suara gitar*

tuku areng di wadahi bathok
ngganteng-ngganteng njaluk’an rokok

glodahk.. jreng *ini suara saya ngrebut gitar*

mangan lonthong iwak kerupuk
tinimbang nyolong mendingan njaluk..
*hayuh kunu!!*

2 haram bagi wanita hamil , ~kasihan bayinya, belum jadi orang udah ngisep racun~
3 haram bagi pengurus MUI,
4 merokok di tempat umum , ~coba bayangin deh , di dalem angkot yang panas, sesak, eh ada orang jebal-jebul puufffhh.. kalo di ingetin malah mbantah “kalo ga mau kena asap ya bawa mobil sendiri” lha!!…bukane kebalik tuh??,  lha kalo situ mau bebas ngerokok mbok ya pake mobil sendiri.

Sebenarnya saya seh idem aja seh sama MUI toh memang saya bukan perokok aktif (dalam artian ga aktif membeli..minta melulu..:P). terserah meskipun dibilang banci,ga gentle..karna sejak kecil saya memang sudah diajari oleh guru ngaji saya kalau rokok hukumnya haram tanpa terkecuali…
Rokok yang konon di dalam tiap batangnya terdapat 4.000 jenis bahan kimia, dengan 40 jenis di antaranya bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker),jadi jelas merugikan bagi kesehatan tubuh maupun bagi kesehatan kantong.
Seandainya uang jatah membeli rokok ditabung, saya yakin dalam jangka waktu setahun cukuplah untuk membeli ipod ato MP6.

“Dua nikmat yang sering tidak diperhatikan oleh kebanyakan manusia yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas)

Bagi perokok tentu sulit kalo ujug-ujug di suruh brenti ngerokok.itu memang karna otak mereka sudah tercandu racun dari benda 9cm,berbagai dalih pembelaan diri , mereka kemukakan dalam rangka menanggapi anti rokok. Sejumlah fakta,di bantah. salah satunya fakta bahwa  16 persen kematian adalah disebabkan karena rokok (sumber; gizi.net), tapi bagi mereka, hal ini dibalik, justru 84 persen mati karena bukan perokok. *sigh*

penuturan beberapa temen saya
# uceng -mekanik bengkel-
“sebenernya aku tahu, ngerokok itu ga baik.. aku juga pengin berhrnti ngerokok, tapi itu nanti, kalau rokok sudah ga enak lagi… masalahnya sekarang ngerokok masih enak seh”

#heri -programer-
“dalam membuat program, aku harus berpikir, dan dengan merokok inspirasi bisa di dapet, aku tahu ngerokok bakal ngurangi umur,katakanlah berkurang 5 tahun, tapi biarlah umur pendek , asal bisa berkarya dan berguna..dari pada umur panjang tapi malah menyusahkan masyarakat” weeehhh???

nah temen saya yang satu ini rada aneh..
#hatman -teknisi-
“aku ga bisa e’ek kalo ga ngerokok !!”

jadi, lahirlah sebuah triologi aneh.. merokok agar bisa bekerja, bekerja agar dapet duit, dapet duit agar bisa beli rokok *harah*

saya juga bingung apa harus nolak fatwa itu, masalahnya secara ga langsung saya juga turut menikmati ‘cost social’ perusahaan rokok.saya ga bisa membayangkan (agak berlebihan) seandainya pabrik di kudus, kediri, surabaya, malang akan tutup. belasan ribu buruh pabrik kena PHK, petani tembakau menangis, tengkulak, distributor, toko sampai pedagang eceran rokok kehilangan mata pencaharian secara ujug-ujug juga.
(mendramatisir) negara juga bakal kehilangan salah satu sumber devisa terbesar,pabrik korek api ikut tutup, dokter paru2 ga laku lagi,..
bisa di bayangkan , seandainya tidak ada ‘rokok’ (rokok disini mewakili mulai dari pabrik , sampai perokok itu sendiri), mungkinkah lahir pahlawan2 bulutangkis dari kudus,

Setidaknya yang saya nikmati cost social dari perusahaan rokok, adalah nonton liga djarum, copa djisamsoe, yang paling protes mungkin arek-arek dari malang , karna satu klub kebanggaan mereka di danai perusahaan rokok.
sebagai gambaran lain, suatu kali saya mendapat milis undangan konser helloween di jakarta dan HTMnya 200 ribu kelas ekonomi!! . saya ga ngecek acara itu ada sponsornya ato ngga karna memang saya ga nonton konser itu. Nah sebagai bandingannya,pernah konser helloween yang serupa di gelar di gelora 10 nopember surabaya, seinget saya seh sponsornya gudang garam ~tolong ralat kalo salah~ dan HTMnya cuma 30ribu !!

nah klo dihubungkan dengan boikot produk amerika yang akhir2 ini marak, keknya lebih tepat fatwa di tambahin satu lagi.
yaitu rokok produk amerika adalah haram !!! setuju??

pesen saya buat perokok , seperti yang pernah tertulis di jendela kamar kost gebang lor 81

“dilarang merokok disini….sendiri !!”

“ambil isinya,..buang jauh-jauh bungkusnya”

“merokok dapat menyebabkan kanker,serangan jantung dan yang paling penting… dapat menyebabkan burung anda menjadi nyipret!!”

About maseko cahyo


Tinggalkan Balasan

