Monthly Archives: Januari 2009

Akhirnya, teman saya akan menikah

Saya masih inget 3 bulan lalu, terakhir kali ketemu sahabat saya, yang ketika itu dia masih betah melajang. Dan semenjak itu saya pun jarang berkomunikasi, yah mungkin karna kesibukan kita masing2.

Hari minggu ini di bilang libur, dan saya ingin menyempatkan waktu,untuk berkunjung ke rumahnya.
“aku masih keluar, nanti kamu ke rumah agak malem aja” kata dia saat saya telpon.
“oh ya udah nanti klo udah balik , kamu telpon aku ya” jawab saya mengakhiri pembicaraan di telpon.  Jam 8.15 dia telpon , dan saya pun langsung meluncur ke rumah sahabat saya ini. rumah saya dan dia jaraknya ngga terlalu jauh, hanya terpaut satu komplek.

tok!..tok!..tok! ~action aja, soalnya pintunya udah kebuka~ lagian udah di tungguin kog kedatangan saya, kami pun duduk di teras rumah, sambil ngobrol. sampai akhirnya dia ngomong sesuatu,
“aku akan menikah , mungkin pertengahan tahun ini” kata dia
“oh iya..tah??, dapat anak mana?” tanya saya setengah kaget
“oh nanti tak kenalin, kebetulan dia ada di rumah” dia lalu masuk ke rumah dan memanggil calon istrinya. Belum hilang setengah kaget, sekarang lengkaplah kekagetan saya.
Ternyata calon istri yang di kenalkan ke saya adalah pacar saya yang 3 bulan lalu saya kenalkan ke dia.
“oh dia?..baguslah, rupanya ada dua penghianat disini” kata saya sinis. sudah cukup sakit kehilangan pacar dan kini saya pastikan kehilangan seorang sahabat. chueeh!! *meludah*
Saya tak tahu apa yang harus saya lakukan saat itu, menjadi pengecut dengan merelakan keduanya, ataukah saya harus sedikit bijak dengan memberi ucapan selamat… tak tahulah yang pasti hati ini sakit…panas… tanpa pikir panjang ,saya angkat kursi yang tadinya saya duduki, saya banting keras keras ke atas meja sehingga membuat berantakan .. kaca meja, gelas, vas bunga, toples kue semuanya pecah… semua orang rumah keluar mendengar keributan itu, teman saya berusaha memukul saya , tapi berhasil di cegah oleh keluarganya. saya langsung meninggalkan rumah dia..pergi entah kemana..pokoknya sejauh mungkin..sayub-sayub terdengar suaranya yang terus memaki saya eneg saya melihat dia,..
|
|
|
|
| |selingan kartun||

kartun dari iwaniwe.com

Serius amat mbacanya… Tentang berita teman saya yang akan menikah itu bener…dan saya main ke rumahnya pun bener.. he..he.. selebihnya, hanya karangan saya yang sengaja saya dramatisir.. wes pokoknya saya pengin ngucapin selamat deh.. sumpah saya ikut seneng.. meski nantinya bakalan sulit kalo mo minjem duid lagi, kalo butuh doa restu, tenaga dan pikiran…IAM READY .. siap membantu… jgan lupa, cepet bikin anak, lalu ajari teknik dasar instalasi modem, ajari teori tentang apa itu ADSL, fiber optic ..dsb..

eh… calon istrimu ga punya adek cewek ga??


kenyataan itu pahit

ini saya tulis sebenarnya untuk menepis tuduhan dari seorang teman, yah meski tuduhan itu sekedar guyon dan saya pun ga keberatan, tapi tetep yang namany tuduhan tanpa disertai data dan fakta, harus diluruskan.
minggu kemaren saya ketemu teman saya di warung kopi.
“hoi..jeh karo sopo awakmu?” tanya saya
“lha..iyo suwe ga ketemu, yaopo kabarmu? pancet STMJ tah? kamu kog tambah tua?” balas teman saya.
he..he.. durung ngerti arek iki..
memang terakhir kali ketemu teman saya, kondisi saya masih STMJ. dan buat yang belum tau apa itu STMJ, istilah ini di kenal saat di bangku kuliah, sebuah triologi yang berarti;
STMJ = Semester tiga masih jomblo
STMJ = Semester tujuh masih jomblo ~juga~
STMJ = ~ealah~ Setelah lulus masih jomblo
sekarang saya kan udah ga kuliah, kenapa masih di sematkan emblem STMJ?
di jawab teman saya : Sudah Tua Masih ~aja~ Jomblo
asem tenan !!
~tak tambahin sendiri~
Sudah Telat Mencari Jodoh
Susah Tuk Mendapat Jodoh
semakin telat memperoleh jodoh
*menambah penderitaan*
tua katanya? lha umur teman saya malah lebih tua 2 taun ketimbang saya, hmmmmm … mungkin karna jenggot saya yang sengaja saya rawat ~musisi bukan, kyai juga bukan~.  atau mungkinkah itu suatu pertanda bahwa saya harus mulai memperbanyak amal? sudah dekat kah waktunya?? jangan nakut2tin ah..

saya pernah punya ~catet..setidaknya pernah punya~ belahan hati.. eh kenapa mangkak gitu?? ngenye’? memangnya kalian aja yang pernah pacaran?
ganteng2 gini saya juga pernah punya ~camkan..setidaknya pernah punya~ belahan hati dan mungkin sampai saat ini hanya dia yang khilaf tulus mencintai saya sepenuh hati sampai akhir hayatnya..
~semoga kau selalu di limpahi rahmat dalam tidurmu yang panjang sayang~.  dia cantik..tentu saja! teman2 bilang dia mirip dian sastro.. yah paling ga, nyrempet2 sithik lah.. nanti deh di bawah saya kasih fotonya..foto terakhir kayaknya seh, setelah foto itu, ga pernah foto lagi.
seni berpacaran dengan surat menyurat.
dulu jaman saya SMA, saat hape masih belum booming seperti sekarang atau mungkin sudah booming namun harga pulsa masih belum terjangkau kantong anak SMA.
sekarang memang hape laris seprti kacang goreng ,yang ada malah sekarang penjual kacang goreng yang makin langka jadi bukan tidak mungkin suatu saat istilah laris bak kacang goreng, berbah jadi selaris penjual hape.
lihat aja di WTC, dulu di benak saya, yang sesuai dengan namanya WORLD TRADE CENTER adalah pusat perdagangan dunia, dimana di dalam gedung itu ada berbagai macam produk2 unggulan dari berbagai negara didunia.
namun kalau kalian jalan di sekitar WTC pastilah di todong orang2 sok tau yang menganggap kita ke WTC itu pasti dan hanya untuk menjual hape.

karna saat itu saya belom punya hape,jadi untuk berkomunikasi dengan pujaan hati adalah lewat surat , dimana saat sore hari kita sibuk de depan meja belajr bukan untuk mengerjakan PEER melainkan membalas surat dari yayang.
ndeso memang, tapi lebih berkesan.. dan itu baru akan bisa terasa kesan itu saat beberapa tahun kemudian.. saat kita membuka kembali lembaran2 yang telah usang, lalu membacanya untuk kesekian kali.
saat itulah memory kita akan di bawa flash back sejenak ke masa lalu . dimana kita akan tersenyum geli menertawakan kekonyolan kita pada saat itu, atau kembali sakit hati saat ingat saat itu doi jalan bareng yang lain.
yang namanya kenangan kan harus di kenang sepahit apapun.. kalau namanya kelupaan nah itu yag harus di lupakan.
yah kadang2 juga SMSan seh, itupun boleh minjem dari hapenya tanjung ~terima kasih buat tanjung, walaupun kudu nraktir nasi kuning~
kebetulan tanjung pake nomor IM3 dan kebetulan juga saat itu IM3 punya fitur yang unik, yaitu gratis nelpon selama 3 detik, waktu sependek itu hanya cukup untuk mengucapkan “lagi ngapo?” atau “met bubuk yang” dan ucapan singkat lainnya.
sebagai manusia yang ga hidup lagi di jaman batu, dimana internet mulai menggantikan peran buku dan email beranjak menggantikan fungsi perangko, kita juga memanfaatkan teknologi internet gratisan dari kampus berupa email, lebih murah ketimbang bolak2 balik ke kantor pos.

perut yang kosong adalah bikin marah, saat kenyang adalah penyesalan.
manusia sejak lahir, kodratnya punya sifat marah, kita pernah juga marahan. saya ga inget apa masalahnya. tapi uniknya,meskipun marahan tapi tetep yang namanya acara jalan2 harus tetep jalan, apalagi kondisi saat itu baru pulang kerja, sama2 lapar.
selama perjalanan keliling surabaya kita diem2an ga saling ngomong sampai akhirnya kita berhenti di taman dekat kotamadya.
saya ingat saat itu cuaca cerah sekali, bulan yang bersinar terang, bintang-bintang berkelipan, angin semilir dan lalu lintas yang ga terlalu ramai,bunga2 sebagian yang mekar, diterangi keremangan lampu taman. ~tolong jangan membayangkan situasi yang romantis kita masih marahan~
ditaman itu,selain pengamen, banyak juga penjual makanan, pembelinya juga kebanyakan anak muda macam kita. saya pun memesan 2 piring nasi goreng plus 2 gelas es teh. sekali lagi, meski sampai menghabiskan nasi goreng ~yang menurut saya isi nasgornya,hanya separuh dari porsi makan saya biasanya~ kita masih sama2 bungkam, ga ngomong apapun.
sampai akhirnya waktu semakin malam , saya bayar nasi goreng itu pake uang 50ribuan  trus di kasih kembalian 23rb. dalam perjalan pulang kita masih diem2an, sampai rumah dia baru ngomong.~sudah di terjemahkan ke bahasa indonesia tentunya~
“mas aku sayang kamu, kamu masih marah?”
saya masih diam.
“aku ga mau mas terus2 marahan kayak gini” dia mulai nangis
saya masih diam aja.
“kalu memang aku salah, aku minta maaf” air matanya saya lihat mulai ada di sudut matanya tapi saya tetep aja diam
“plis jangan diam aja, katakan sesuatu, apa sih yang kamu pikirkan?”
saya ambil nafas panjang lalu ngomong
“saya cuma ga habis pikir, memangnya nasi goreng tadi harganya berapaan??”
hwahahah…kami tertawa.

ah.. menulis kenangan indah itu memang menyakitkan

sweet


kena virus narsis

cara-wawan seorang re-poster duduls, sebut saja ‘aku’, dengan beberapa narasumber duduls juga,

#huda, lulusan SMK, nilai NEM di bawah rata2.
aku : “kamu kog tambah keren ae!”
huda: “biasa, orang narsis ya kayak gini!”
aku : “emang narsis apaan??”
huda: “embuh he..he..”
~nyengir~

#mahasiswi di dalam angkot.
aku : “permisi mbak, mau nanya,… saya ganteng ga??”
mahasiswi : “ih narsis amat sih???”
aku : “kalo bole tau, narsis artinya apa ya mbak?”
mahasiswi : “saya juga ndak tau mas..”
~ngikik~

#mbak ika, S2, pegawai BUMN.
aku : “mbak, punya temen narsis ngga??”
mbak ika : “wah temenku sekantor narsis semua..mulai satpam..bla..bla..bla”
aku : “narsis itu apa ya mbak??”
mbak ika : “wedew..opo yo??”
~wah nih orang ngga gaul~

#mas arif, S1, PNS
aku : “om,pernah narsis ngga?”
mas arif : “pernah, sekali pas SMA…yah namanya anak muda..masih seneng coba2.. sekali2 kan gpp”
aku : “lha maksudnya om, narsis itu apaan??”
mas arif : “manusia memang penuh dengan keterbatasan,narsis apaan lho??” ~jawaban yang bener2 arif~

#penjual NasGor
aku : “pak, narsis goreng satu, dibungkus!!”
penjual : “pake telor apa ngga??”
~wah udah tau narsis nih~

satu orang sarjana, satu orang doktor, satu mahasiswa, satu lulusan SMK, ternyata kalah ilmunya sama penjual narsis goreng..
Itulah kelemahan orang indonesia,suka plagiat, niru2 tanpa tau apa maksudnya..
ironi..bangsa kita adalah bangsa yang malas membaca.. tapi blogger semakin bertambah.. sebagian menulis dengan sok tau (termasuk saya), sebagian cuma copast dari blog orang lain..(saya ngga lho) dan hanya sebagian kecil yang benar2 sebagai blogger aktif. tapi gapapa lah, usaha menulis yang kudu di hargai..

sering saya dapet beberapa message yang terdapat kata2 narsis..bahkan saya ikut2 mbales pake kata narsis.. padahal saya belum tau definisi sesungguhnya narsis itu apa..
dari beberapa sumber, narsis adalah salah satu hal yang berhubungan dengan psikologis..menurut beberapa psikolog,narsis timbul karna ada rasa ego yang tinggi, sifat ingin di puji, merasa paling istimewa.
contoh paling sederhana, saat melihat foto bareng temen2 kampus, yang pertama kali di lihat adalah dirinya sendiri, hayo ngaku..
dalam kadar tertentu narsis bisa membantu meningkatkan ‘confidence’ (percaya diri), namun bahaya jika tidak ada keseimbangan persepsi tentang dirinya, yang mengakibatkan  ‘over confidence'(terlalu PeDe), apa lagi kalau sampe ‘didnt helped confidence’ (pede ga ketulungan..hi..hi..)
menurut kamus wikipedia,Narsis adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Istilah ini pertama kali digunakan dalam psikologi oleh Sigmund Freud dengan mengambil dari tokoh dalam mitos Yunani, Narcissus, yang dikutuk sehingga ia mencintai bayangannya sendiri di kolam.

narsis, bagi pelakunya mungkin ga akan terasa merugikan,namun bagi orang lain, akan terganggu, meski bukan secara materiil maupun fisik, artinya tidak akan ada orang yang cedera ato kehilangan uangnya gara2 ada orang narsis. namun mengganggunya mungkin hanya sebatas psikis… sebelnya itu lho, ga nguatin !!

tanda-tanda kamu terserang NARSIS
– begitu bangun, kamu langsung mencari cermin dan sisir, langsung dandan..sebelum akhirnya kamu di ingetin ibu kamu… “mandi dulu baru dandan”
– numbuh jerawat adalah musibah, numbuh bopeng berarti bencana, salah potong rambut berarti tamatlah dunia..
– kemana2 bawa album foto, kadang sengaja di tinggal di kampus biar diliatin temen2 kampus.. klo udah di liat trus sok kecentilan “aduh kog di liatin sih..aku kan malu”

– suka ngedit foto ala cover majalah,pake efek blur, lighting dll… trus bergumam ck..ck..gila cakep banget !!
– pas di angkot, klo ada yang ngeliatain dipikirnya “nih cowok belom pernah liat cewek cakep kali ya” tapi kalo ga ada yang ngeliatain.. “pasti cowok2 diangkot ini suka sesama jenis”

– saat di toilet mall, pas ngaca di wastafel, langsung menjerit.. “aaaaa..tidaaaak..ada alissa soebandono”

terakhir, saya ngomong sendiri di depan cermin : “dear, cermin ajaib… apakah aku cowok yang paling cakep di dunia ini??… kalo diem berarti iya… “

*pyarrrr*