Hujan berarti banjir

gambar ambil dari iwaniwe.com

Sore kemaren kira-kira jam setengah dua, saya kejebak hujan. Itu lho pas lagi ke BCA diponegoro, saya turun dari lantai 5 pake lift. Sewaktu diatas lantai 5 , saya sempet melihat dari jendela kondisi diluar.. ah untunglah masih gerimis. Jadi cepet2 aja balik kantor. Udah nyampai bawah, weleh hujan deres pake angin.. ya wes lah nunggu aja mumpung banyak juga yang beteduh, jadi ada temennya. Aneh.. ternyata hujan amat dibenci sama orang2 kota..bahkan ada yang sampe misuh
“j****k udan meneh”
Ada yang lebih rada setengah protes, setengah berharap dan setengah pasrah..( lha kog jadi satu setengah??)
“waduh udan rek, telat mlebu kantor iki”
Saya seh diem aja.. malah dalam hati saya nggoblokin mereka , wong sudah tahu musim hujan kog ga bawa jas hujan..yang salah siapa??

eh..eh sebentar..sebentar.. terus kenapa saya ikut beteduh? berarti?
.. iya..iya..ga bawa jas hujan juga, ketinggalan di GRESIK, saya kan pelupa.. makanya baca dong blog saya sebelumnya “hape bisa bikin pelupa”
Daripada  iku nggrundel mending pencet2 hape,.. iseng2 saya sms temen saya milu..
-kjbak ujan.. jlnan bnjir.. apesx lg jas ujan ktnggln d gsk lper td lom maem siang.. kmu pst ud nyaman tdur d kosan pke slimut-
trus di bales lagi sama milu
-kta spa.aq lho lg kul.

1 jam kemudian hujan udah reda bentar. jadi saya bisa ngambil motor di parkiran jl Dr soetomo.walalah .. baru nyampe pos satpam
hujan kembali mengguyur , tambah deres..jalan Dr soetomo mulai banjir setinggi lutut.
Satu demi satu ada kendaraan mulai mogok.. itu artinya mereka akan mengeluarkan uang lebih untuk servis motor mereka esok harinya ato setidaknya pemilik mobil membayar orang2 yang diminta mendorong mobilnya.  Jika beruntung mogoknya cuma karna busi kemasukan air, berarti tinggal di keringkan udah jalan lagi. tapi kalo sudah masuk karburator ,ya setidaknya ongkos ngebersihin karburator sekitar 20ribuan lah.. kalau apes, air masuk ke blok mesin lewat knalpot, berarti kudu siap2 merogoh kocek lebih gede , ongkos bongkar blok 40-50ribu ganti oli 25-30 ribu
ya mungkin karna itulah hujan di surabaya ga begitu disukai.

Jika dikota hujan bisa menghentikan aktivitas , di desa, hujan berarti mulai beraktivitas, musim tanam padi akan dimulai dan berarti pula mereka bisa merasakan tidur dengan “AC” alami setelah berbulan-bulan tidur dengan mengipas-ngipas..
para petani sangat bersyukur jika hujan datang
” ya allah semoga hujan ini cepat menutup tanah yang retak..sawah kami terisi air agar kami dapat memperoleh rizki dari bumiMU”
Sementara hujan buat saya, berarti harus nambal genteng lagi di rumah..aneh sekali, padahal udah di semen berkali-kali, tapi tetep bocor.

Sementara doa saya saat ini..
” ya allah, bolehlah kau turunkan hujanMU tapi jangan sampai membuat banjir kosanku” ~kalo jalanan banjir, kayaknya mustahil kalau kampung di kostku ga banjir~
” ya wes ya allah gapapa banjir tapi aku mohon jangan sampai masuk kamarku” ~he..he. emangnya kamar saya kedap air??~
” masuk kamar gapapa deh, asal ngga ngerendem CPU sama monitor” ~ini lagi, pemikiran gemblung, lha monitor di taruh di lantai~
” aduh..aku pasrah ya allah..asal  ga rusak..syukur banget..”

Jam 5,saya pulang dari kantor..lewat gang kampung , mati aku!~! banjir masih setinggi lutut.. *panik* membayangkan nasib komputerku.kudu nyalahin siapa coba? hujan ato orangnya? aduh… ide bodoh atau ide bagus? Pemerintah mengadakan program pavingisasi jalan kampung.. betonisasi selokan dan got ..bahkan kali di tutup sama box culvert  yang jadinya mengurangi daya serap tanah pada air. Kita tahu kan kalo planet kita adalh planet air.. sebagian besar berada di laut..tersimpan di tanah ..dan menguap di udara..sebagian lainnya terbekukan di kulkas utara ..kulkas selatan

~OOT subhanallah, bisa dibayangin bagaimana allah membekukan miryaran ton air tanpa freezer kayak di kulkas~

Kalau ga di serap tanah, memangnya air dialirkan kemana? ke kali? lha wong kali makin menyempit plus mendangkal , ke laut? hei.. sejak kapan air mengalir ke tempat yang lebih tinggi? menurut data di BAPPEKO , secara topografi , wilayah surabaya 40 persennya berada dipermukaan laut. ah .. ruwet mikirno

Udah nyampai depan rumah kost, saya langsung jagang motor laalu setengah berlari menuju ke kamar, “hwaaa..selamett” air masuk kamar cuma setinggi 3-5 centi, itu artinya monitor saya selamat, karna monitor punya penyanggah kaki setinggi 10 centian lah.
Dengan mengerahkan satu kompi tenaga untuk mengeringkan kamar, sore itu akhirnya bebas dari basah.
Gerimis gini, nonton sepak bola sambil ngemil enak kali ya.. 1 bungkus snack Ring, 2 bungkus cheetos, 2 beng-beng dan sebotol myzone yang sudah saya beli tadi di minimarket.
*sialan indonesia kalah!!*

About maseko cahyo


3 responses to “Hujan berarti banjir

Tinggalkan Balasan

