Memilih.. ga milih.. harus milih

memilih adalah belum ada pilihan
Sebenarnya saya ini bingung ngomongin apa seh?? wes lah nurutin jari2 ngetik aja.
Indonesia adalah negara tropis dan mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. tapi menurut saya indonesia punya 3 musim yaitu. musim hujan, musim kemarau dan musim kawin.
bukan tanpa alasan kalau saya ngomong ada musim kawin .. bulan ini undangan manten berdatangan .. mulai dari tetangga dekat , temen SMA, temen kerja, sampe temen luar kota..aduh kog barengan ya..

Suatu kali saat saudara saya nikah, saat itu acara resepsi di rumah si ceweknya. sepanjang perjalanan dari GRESIK ke kedamean ( wilayah yang masih kabupaten gresik juga) iseng2 saya ngitung berapa banyak sih ada tenda biru yang dihisai indahnya janur kuning ~lha malah lagune desi ratnasari~ hati bertanya pernikahan siapa? ~lha di terusno~
ada lebih dari lima lho…(hmmm mentang-mentang lagi dingin-dingin).
nah kalo sekarang di meja saya sudah ada sekotak roti katanya seh dari mbak ida yang kemaren nikah..jadi malu ..he..he lha wong ga ‘buwuh’ (eh ‘buwuh’ basa indonesianya apa ya?~ pokoknya artinya datang ke pernikahan sambil bawa angpau gitu deh)

Beberapa waktu yang lalu, saya datang ke resepsi nikahan teman saya (saya belain dateng dari surabaya ke gresik hanya ingin melihat raut bahagia teman saya) ~ceile~ saat salaman, setengah bercanda, setengah menggoda temen saya nanya..
“kapan nyusul??” *jlebbb*
setengah bercanda juga saya jawab
“lha nek barengan, berarti podo ga buwuh’e?” ~ masih belum tau apa itu ‘bowo’~
“Ga usah terlalu milih.. sing sederhana ae, emang golek sing yaopo?”
lanjut teman saya, sok bijak di depan istrinya.
“Pokoke tunggu aja lah” kata saya singkat, karna udah banyak yg antri mau salaman. Lalu saya nyari tempat duduk, menghampiri teman saya yang sudah datang lebih dulu..
“lho.. koen..kog dewean, pasangane endi?” *jleb…jleb..jlebbb*
“lagi umbah2 nang omah” jawab saya asal

memilih adalah seandainya boleh milih

Kata mas heri, seseorang yang punya wajah cantik/ganteng lebih punya kesempatan hibup lebih baik..hmmmm
# saat balita, anak yang punya wajah cantik, imut lebih menggemaskan untuk di pok ame-ame.. itu artinya dia mempunyai interaksi dengan lebih banyak dengan orang lain. dimana2 tetangga rebutan nggendong, bahkan saat dipasar, ada aja orang yang pingin meski sekedar ngelus rambutnya atau ngewek-ewek pipinya yang tembem.

# saat anak-anak, dia lebih mudah dikenali gurunya, sering diminta mengerjakan soal atau mbantu nulis catetan di papan tulis dan itu berarti dia mempunyai peluang mendapatkan ilmu lebih dari yang lain

memilih adalah belum ada pilihan
sebenarnya saya ini bingung ngomongin apa seh?? wes lah nurutin jari2 ngetik aja.
Indonesia adalah negara tropis dan mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. tapi menurut saya indonesia punya 3 musim yaitu. musim hujan, musim kemarau dan musim kawin.
bukan tanpa alasan kalau saya ngomong ada musim kawin .. bulan ini undangan manten berdatangan .. mulai dari tetangga dekat , temen SMA, temen kerja, sampe temen luar kota..aduh kog barengan ya..

suatu kali saat saudara saya nikah, saat itu acara resepsi di rumah si ceweknya. sepanjang perjalanan dari GRESIK ke kedamean ( wilayah yang masih kabupaten gresik juga) iseng2 saya ngitung berapa banyak sih ada tenda biru yang dihisai indahnya janur kuning ~lha malah lagune desi ratnasari~ hati bertanya pernikahan siapa? ~lha di terusno~
ada lebih dari lima lho…(hmmm mentang-mentang lagi dingin-dingin).
nah kalo sekarang di meja saya sudah ada sekotak roti katanya seh dari mbak ida yang kemaren nikah..jadi malu ..he..he lha wong ga ‘bowo’ (eh ‘bowo’ basa indonesianya apa ya?~ pokoknya artinya datang ke pernikahan sambil bawa angpau gitu deh)

beberapa waktu yang lalu, saya datang ke resepsi nikahan teman saya (saya belain dateng dari surabaya ke gresik hanya ingin melihat raut bahagia teman saya) ~ceile~ saat salaman, setengah bercanda, setengah menggoda temen saya nanya..
“kapan nyusul??” *jlebbb*
setengah bercanda juga saya jawab
“lha nek barengan, berarti podo ga bowo’e?” ~ masih belum tau apa itu ‘bowo’~
“ga usah terlalu milih.. sing sederhana ae, emang golek sing yaopo?” lanjut teman saya, sok bijak di depan istrinya.
“pokoke tunggu aja lah”
lalu saya nyari tempat duduk, menghampiri teman saya yang sudah datang lebih dulu..
“lho.. kamu..kog sendirian, pasangane endi?” *jleb…jleb..jlebbb*
“lagi umbah2 nang omah” jawab saya asal

memilih adalah seandainya boleh milih

kata mas heri, seseorang yang punya wajah cantik/ganteng lebih punya kesempatan hibup lebih baik..hmmmm
# saat balita, anak yang punya wajah cantik, imut lebih menggemaskan untuk di pok ame-ame.. itu artinya dia mempunyai interaksi dengan lebih banyak dengan orang lain. dimana2 tetangga rebutan nggendong, bahkan saat dipasar, ada aja orang yang pingin meski sekedar ngelus rambutnya atau ngewek-ewek pipinya yang tembem.
# saat anak-anak, dia lebih mudah dikenali gurunya, sering diminta mengerjakan soal atau mbantu nulis catetan di papan tulis dan itu berarti dia mempunyai peluang mendapatkan ilmu lebih dari yang lain

# saat remaja , dia lebih banyak jadi pusat perhatian teman2nya disekolah.. di kantin ada aja yang mau mbayarin .. kalau pulang sekolah cowok2 rebutan nganter pulang… kakak kelas yang siap mbikinin PR

# saat dewasa , saat mencari kerja, mereka lebih mudah masuk kerja, ga usah munafik, HRD akan lebih nyaman mnginterview mereka yang punya wajah cantik..kalaupun ga bisa kerja di perusahaan formil,( customer servives di kantor, sekretaris misalnya) masih banyak lowongan di non formil, jadi SPG misalnya (kata mbak dian, SPG sekali even bisa dibayar 150rb lho perhari)..ato sekedar jadi oase di perusahaan teknik.

# saat tua, selalu di tunggu jandanya hi..hi..ga sopan .jadi bahan study banding para suami.. kalo dia lewat di depan para suami tetangganya pasti di bilangin :”makin tua, makin cantik aja nih”… sedang kalo istri mereka sendiri lewat di bilangnya: ” weleh, gentong liwat”
sayangnya ga semua manusia terlahir dengan cantik ~dalam artian secara harfiah~ .dan kalo boleh memilih, orang ingin menjadi seorang yanng lebih perfect. Dari kulit yang sewarna dengan tanah menjadi kulit kuning telur ayam, dan dari rambut kriwil-kriwil menjadi rambut yang tergerai berkilau.
cantik adalah relative ..syukurilah apa yang kita punya…

Kata pak ali tamam,wanita dalam hal kesempatan memperoleh jodoh, adalah seperti piramid, semakin keatas semakin kecil..hmmm lagi
lanjut pak ali tamam, contohnya ,seorang gadis SMP bisa saja mencari pacar seorang anak SMA ato mahasiswa, namun saat gadis itu sudah kuliah, imposible nyari pacar anak SMP.
Sebaliknya Kalau ada cowok SMA menggoda cewek SMP mungkin bisa di anggep lumrah.. lha cowok SMP nggodain mahasiswi??,
“hai cewek kita godain ya”
di samperin itu cowok lalu di jewer….
“adek yang baru bisa ngimpi basah..belajar aja yang rajin ya ”
Nyatanya lutfiana ulfa anak belasan tahun pun bisa mendapat jodoh seorang lebih tua dari bapaknya,sedang desi ratna sari sangat mustahil memilh orang selevel saya.

memilih adalah yang bagaimana

Sebagain besar temanku penasaran, memangnya cewek idaman saya kayak apa seh?? yaah dengan todongan pisau di perut akhirnya saya harus buka mulut.
Adalah sesuatu hal yang fitrah jika seseorang menyukai keindahan dan saya sebagai lelaki yang normal tentunya mendambakan seorang pendamping ~kelak~ seorang wanita yang cantik jelita, dengan balutan jilbab di kepala yang menggetarkan hati saat mata memandang *cling*
Apalagi di balik kecantikannya itu terpancar pula akhlak dan perilaku mulia. seorang wanita yang begitu mengerti perasaan, bisa menghargai orang tua dan kerabat. bisa berbagi dalam suka dan duka membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah sesuai tuntunan rasul dan “live happily ever after” seperti yang tertulis di halaman terakhir buku dongeng.

Kayaknya terlalu muluk-muluk dan tidak sepadan dengan saya yang subuh aja masih sering kesiangan. Wong namanya juga milih, boleh aja tho ?
lanang kan menang milih…!!
iyo wedhok yo menang nolak..!!

~halah mbulet ae~

# saat remaja , dia lebih banyak jadi pusat perhatian teman2nya disekolah.. di kantin ada aja yang mau mbayarin .. kalau pulang sekolah cowok2 rebutan nganter pulang… kakak kelas yang siap mbikinin PR
# saat dewasa , saat mencari kerja, mereka lebih mudah masuk kerja, ga usah munafik, HRD akan lebih nyaman mnginterview mereka yang punya wajah cantik..kalaupun ga bisa kerja di perusahaan formil,( customer servives di kantor, sekretaris misalnya) masih banyak lowongan di non formil, jadi SPG misalnya (kata mbak dian, SPG sekali even bisa dibayar 150rb lho perhari)..ato sekedar jadi oase di perusahaan teknik.
# saat tua, selalu di tunggu jandanya hi..hi..ga sopan .jadi bahan study banding para suami.. kalo dia lewat di depan para suami tetangganya pasti di bilangin :”makin tua, makin cantik aja nih”… sedang kalo istri mereka sendiri lewat di bilangnya: ” weleh, gentong liwat”
sayangnya ga semua manusia terlahir dengan cantik ~dalam artian secara harfiah~ .dan kalo boleh memilih, orang ingin menjadi seorang yanng lebih perfect. Dari kulit yang sewarna dengan tanah menjadi kulit kuning telur ayam, dan dari rambut kriwil-kriwil menjadi rambut yang tergerai berkilau.
cantik adalah relative ..syukurilah apa yang kita punya…*halah gaya*

kata pak ali tamam,wanita dalam hal kesempatan memperoleh jodoh, adalah seperti piramid, semakin keatas semakin kecil..hmmm lagi
lanjut pak ali tamam, contohnya ,seorang gadis SMP bisa mencari pacar seorang anak SMA ato mahasiswa, sedangkan saat gadis itu sudah kuliah, imposible nyari pacar anak SMP.
kalau ada cowokk SMA menggoda cewek SMP mungkin bisa di anggep lumrah
lha cowok SMP yang nggodain mahasiswi,
“hai cewek kita godain ya”
di samperin itu cowok lalu di jewer….
“adek yang baru bisa ngimpi basah..belajar aja yang rajin ya ”
nyatanya lutfiana ulfa anak belasan tahun pun bisa mendapat jodoh seorang lebih tua dari bapaknya,sedang desi ratna sari sangat mustahil memilh orang selevel saya.

memilih adalah yang bagaimana

sebagain besar temanku penasaran, memangnya cewek idaman saya kayak apa seh?? yaah dengan todongan pisau di perut akhirnya saya harus buka mulut.
adalah sesuatu hal yang fitrah jika seseorang menyukai keindahan dan saya sebagai lelaki yang normal tentunya mendambakan seorang pendamping ~kelak~ seorang wanita yang cantik jelita, dengan balutan jilbab di kepala yang menggetarkan hati saat mata memandang *cling*
apalagi di balik kecantikannya itu terpancar pula akhlak dan perilaku mulia. seorang wanita yang begitu mengerti perasaan, bisa menghargai orang tua dan kerabat. bisa berbagi dalam suka dan duka membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah sesuai tuntunan rasul dan “live happily ever after” seperti yang tertulis di halaman terakhir buku dongeng. *hwalah kata-kata’e*
kayaknya terlalu muluk-muluk dan tidak sepadan dengan saya yang sholat subuh aja masih sering kesiangan.wong namanya juga milih, boleh aja tho ?
Lanang kan menang milih…!!
Tapi wedhok yo menang nolak..!!

gambar dari iwaniwe.com

~halah mbulet ae~

gambar dari iwaniwe.com

About maseko cahyo


Tinggalkan Balasan

