Monthly Archives: November 2008

Memilih.. ga milih.. harus milih

memilih adalah belum ada pilihan
Sebenarnya saya ini bingung ngomongin apa seh?? wes lah nurutin jari2 ngetik aja.
Indonesia adalah negara tropis dan mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. tapi menurut saya indonesia punya 3 musim yaitu. musim hujan, musim kemarau dan musim kawin.
bukan tanpa alasan kalau saya ngomong ada musim kawin .. bulan ini undangan manten berdatangan .. mulai dari tetangga dekat , temen SMA, temen kerja, sampe temen luar kota..aduh kog barengan ya..

Suatu kali saat saudara saya nikah, saat itu acara resepsi di rumah si ceweknya. sepanjang perjalanan dari GRESIK ke kedamean ( wilayah yang masih kabupaten gresik juga) iseng2 saya ngitung berapa banyak sih ada tenda biru yang dihisai indahnya janur kuning ~lha malah lagune desi ratnasari~ hati bertanya pernikahan siapa? ~lha di terusno~
ada lebih dari lima lho…(hmmm mentang-mentang lagi dingin-dingin).
nah kalo sekarang di meja saya sudah ada sekotak roti katanya seh dari mbak ida yang kemaren nikah..jadi malu ..he..he lha wong ga ‘buwuh’ (eh ‘buwuh’ basa indonesianya apa ya?~ pokoknya artinya datang ke pernikahan sambil bawa angpau gitu deh)

Beberapa waktu yang lalu, saya datang ke resepsi nikahan teman saya (saya belain dateng dari surabaya ke gresik hanya ingin melihat raut bahagia teman saya) ~ceile~ saat salaman, setengah bercanda, setengah menggoda temen saya nanya..
“kapan nyusul??” *jlebbb*
setengah bercanda juga saya jawab
“lha nek barengan, berarti podo ga buwuh’e?” ~ masih belum tau apa itu ‘bowo’~
“Ga usah terlalu milih.. sing sederhana ae, emang golek sing yaopo?”
lanjut teman saya, sok bijak di depan istrinya.
“Pokoke tunggu aja lah” kata saya singkat, karna udah banyak yg antri mau salaman. Lalu saya nyari tempat duduk, menghampiri teman saya yang sudah datang lebih dulu..
“lho.. koen..kog dewean, pasangane endi?” *jleb…jleb..jlebbb*
“lagi umbah2 nang omah” jawab saya asal

memilih adalah seandainya boleh milih

Kata mas heri, seseorang yang punya wajah cantik/ganteng lebih punya kesempatan hibup lebih baik..hmmmm
# saat balita, anak yang punya wajah cantik, imut lebih menggemaskan untuk di pok ame-ame.. itu artinya dia mempunyai interaksi dengan lebih banyak dengan orang lain. dimana2 tetangga rebutan nggendong, bahkan saat dipasar, ada aja orang yang pingin meski sekedar ngelus rambutnya atau ngewek-ewek pipinya yang tembem.

# saat anak-anak, dia lebih mudah dikenali gurunya, sering diminta mengerjakan soal atau mbantu nulis catetan di papan tulis dan itu berarti dia mempunyai peluang mendapatkan ilmu lebih dari yang lain

memilih adalah belum ada pilihan
sebenarnya saya ini bingung ngomongin apa seh?? wes lah nurutin jari2 ngetik aja.
Indonesia adalah negara tropis dan mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. tapi menurut saya indonesia punya 3 musim yaitu. musim hujan, musim kemarau dan musim kawin.
bukan tanpa alasan kalau saya ngomong ada musim kawin .. bulan ini undangan manten berdatangan .. mulai dari tetangga dekat , temen SMA, temen kerja, sampe temen luar kota..aduh kog barengan ya..

suatu kali saat saudara saya nikah, saat itu acara resepsi di rumah si ceweknya. sepanjang perjalanan dari GRESIK ke kedamean ( wilayah yang masih kabupaten gresik juga) iseng2 saya ngitung berapa banyak sih ada tenda biru yang dihisai indahnya janur kuning ~lha malah lagune desi ratnasari~ hati bertanya pernikahan siapa? ~lha di terusno~
ada lebih dari lima lho…(hmmm mentang-mentang lagi dingin-dingin).
nah kalo sekarang di meja saya sudah ada sekotak roti katanya seh dari mbak ida yang kemaren nikah..jadi malu ..he..he lha wong ga ‘bowo’ (eh ‘bowo’ basa indonesianya apa ya?~ pokoknya artinya datang ke pernikahan sambil bawa angpau gitu deh)

beberapa waktu yang lalu, saya datang ke resepsi nikahan teman saya (saya belain dateng dari surabaya ke gresik hanya ingin melihat raut bahagia teman saya) ~ceile~ saat salaman, setengah bercanda, setengah menggoda temen saya nanya..
“kapan nyusul??” *jlebbb*
setengah bercanda juga saya jawab
“lha nek barengan, berarti podo ga bowo’e?” ~ masih belum tau apa itu ‘bowo’~
“ga usah terlalu milih.. sing sederhana ae, emang golek sing yaopo?” lanjut teman saya, sok bijak di depan istrinya.
“pokoke tunggu aja lah”
lalu saya nyari tempat duduk, menghampiri teman saya yang sudah datang lebih dulu..
“lho.. kamu..kog sendirian, pasangane endi?” *jleb…jleb..jlebbb*
“lagi umbah2 nang omah” jawab saya asal

memilih adalah seandainya boleh milih

kata mas heri, seseorang yang punya wajah cantik/ganteng lebih punya kesempatan hibup lebih baik..hmmmm
# saat balita, anak yang punya wajah cantik, imut lebih menggemaskan untuk di pok ame-ame.. itu artinya dia mempunyai interaksi dengan lebih banyak dengan orang lain. dimana2 tetangga rebutan nggendong, bahkan saat dipasar, ada aja orang yang pingin meski sekedar ngelus rambutnya atau ngewek-ewek pipinya yang tembem.
# saat anak-anak, dia lebih mudah dikenali gurunya, sering diminta mengerjakan soal atau mbantu nulis catetan di papan tulis dan itu berarti dia mempunyai peluang mendapatkan ilmu lebih dari yang lain

# saat remaja , dia lebih banyak jadi pusat perhatian teman2nya disekolah.. di kantin ada aja yang mau mbayarin .. kalau pulang sekolah cowok2 rebutan nganter pulang… kakak kelas yang siap mbikinin PR

# saat dewasa , saat mencari kerja, mereka lebih mudah masuk kerja, ga usah munafik, HRD akan lebih nyaman mnginterview mereka yang punya wajah cantik..kalaupun ga bisa kerja di perusahaan formil,( customer servives di kantor, sekretaris misalnya) masih banyak lowongan di non formil, jadi SPG misalnya (kata mbak dian, SPG sekali even bisa dibayar 150rb lho perhari)..ato sekedar jadi oase di perusahaan teknik.

# saat tua, selalu di tunggu jandanya hi..hi..ga sopan .jadi bahan study banding para suami.. kalo dia lewat di depan para suami tetangganya pasti di bilangin :”makin tua, makin cantik aja nih”… sedang kalo istri mereka sendiri lewat di bilangnya: ” weleh, gentong liwat”
sayangnya ga semua manusia terlahir dengan cantik ~dalam artian secara harfiah~ .dan kalo boleh memilih, orang ingin menjadi seorang yanng lebih perfect. Dari kulit yang sewarna dengan tanah menjadi kulit kuning telur ayam, dan dari rambut kriwil-kriwil menjadi rambut yang tergerai berkilau.
cantik adalah relative ..syukurilah apa yang kita punya…

Kata pak ali tamam,wanita dalam hal kesempatan memperoleh jodoh, adalah seperti piramid, semakin keatas semakin kecil..hmmm lagi
lanjut pak ali tamam, contohnya ,seorang gadis SMP bisa saja mencari pacar seorang anak SMA ato mahasiswa, namun saat gadis itu sudah kuliah, imposible nyari pacar anak SMP.
Sebaliknya Kalau ada cowok SMA menggoda cewek SMP mungkin bisa di anggep lumrah.. lha cowok SMP nggodain mahasiswi??,
“hai cewek kita godain ya”
di samperin itu cowok lalu di jewer….
“adek yang baru bisa ngimpi basah..belajar aja yang rajin ya ”
Nyatanya lutfiana ulfa anak belasan tahun pun bisa mendapat jodoh seorang lebih tua dari bapaknya,sedang desi ratna sari sangat mustahil memilh orang selevel saya.

memilih adalah yang bagaimana

Sebagain besar temanku penasaran, memangnya cewek idaman saya kayak apa seh?? yaah dengan todongan pisau di perut akhirnya saya harus buka mulut.
Adalah sesuatu hal yang fitrah jika seseorang menyukai keindahan dan saya sebagai lelaki yang normal tentunya mendambakan seorang pendamping ~kelak~ seorang wanita yang cantik jelita, dengan balutan jilbab di kepala yang menggetarkan hati saat mata memandang *cling*
Apalagi di balik kecantikannya itu terpancar pula akhlak dan perilaku mulia. seorang wanita yang begitu mengerti perasaan, bisa menghargai orang tua dan kerabat. bisa berbagi dalam suka dan duka membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah sesuai tuntunan rasul dan “live happily ever after” seperti yang tertulis di halaman terakhir buku dongeng.

Kayaknya terlalu muluk-muluk dan tidak sepadan dengan saya yang subuh aja masih sering kesiangan. Wong namanya juga milih, boleh aja tho ?
lanang kan menang milih…!!
iyo wedhok yo menang nolak..!!

~halah mbulet ae~

# saat remaja , dia lebih banyak jadi pusat perhatian teman2nya disekolah.. di kantin ada aja yang mau mbayarin .. kalau pulang sekolah cowok2 rebutan nganter pulang… kakak kelas yang siap mbikinin PR
# saat dewasa , saat mencari kerja, mereka lebih mudah masuk kerja, ga usah munafik, HRD akan lebih nyaman mnginterview mereka yang punya wajah cantik..kalaupun ga bisa kerja di perusahaan formil,( customer servives di kantor, sekretaris misalnya) masih banyak lowongan di non formil, jadi SPG misalnya (kata mbak dian, SPG sekali even bisa dibayar 150rb lho perhari)..ato sekedar jadi oase di perusahaan teknik.
# saat tua, selalu di tunggu jandanya hi..hi..ga sopan .jadi bahan study banding para suami.. kalo dia lewat di depan para suami tetangganya pasti di bilangin :”makin tua, makin cantik aja nih”… sedang kalo istri mereka sendiri lewat di bilangnya: ” weleh, gentong liwat”
sayangnya ga semua manusia terlahir dengan cantik ~dalam artian secara harfiah~ .dan kalo boleh memilih, orang ingin menjadi seorang yanng lebih perfect. Dari kulit yang sewarna dengan tanah menjadi kulit kuning telur ayam, dan dari rambut kriwil-kriwil menjadi rambut yang tergerai berkilau.
cantik adalah relative ..syukurilah apa yang kita punya…*halah gaya*

kata pak ali tamam,wanita dalam hal kesempatan memperoleh jodoh, adalah seperti piramid, semakin keatas semakin kecil..hmmm lagi
lanjut pak ali tamam, contohnya ,seorang gadis SMP bisa mencari pacar seorang anak SMA ato mahasiswa, sedangkan saat gadis itu sudah kuliah, imposible nyari pacar anak SMP.
kalau ada cowokk SMA menggoda cewek SMP mungkin bisa di anggep lumrah
lha cowok SMP yang nggodain mahasiswi,
“hai cewek kita godain ya”
di samperin itu cowok lalu di jewer….
“adek yang baru bisa ngimpi basah..belajar aja yang rajin ya ”
nyatanya lutfiana ulfa anak belasan tahun pun bisa mendapat jodoh seorang lebih tua dari bapaknya,sedang desi ratna sari sangat mustahil memilh orang selevel saya.

memilih adalah yang bagaimana

sebagain besar temanku penasaran, memangnya cewek idaman saya kayak apa seh?? yaah dengan todongan pisau di perut akhirnya saya harus buka mulut.
adalah sesuatu hal yang fitrah jika seseorang menyukai keindahan dan saya sebagai lelaki yang normal tentunya mendambakan seorang pendamping ~kelak~ seorang wanita yang cantik jelita, dengan balutan jilbab di kepala yang menggetarkan hati saat mata memandang *cling*
apalagi di balik kecantikannya itu terpancar pula akhlak dan perilaku mulia. seorang wanita yang begitu mengerti perasaan, bisa menghargai orang tua dan kerabat. bisa berbagi dalam suka dan duka membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah sesuai tuntunan rasul dan “live happily ever after” seperti yang tertulis di halaman terakhir buku dongeng. *hwalah kata-kata’e*
kayaknya terlalu muluk-muluk dan tidak sepadan dengan saya yang sholat subuh aja masih sering kesiangan.wong namanya juga milih, boleh aja tho ?
Lanang kan menang milih…!!
Tapi wedhok yo menang nolak..!!

gambar dari iwaniwe.com

~halah mbulet ae~

gambar dari iwaniwe.com


Nyamuk merajalela andai tdk ada ATM

Ngantri di ATM

kartun dari iwaniwe.com

Kemaren malam abis pulang kerja, saya mampir di atm, ( kalo di kebanyakan novel di tambahin lelucon kek gini ‘ke ATM ngapain?’ diajawab sendiri ‘ mo beli sepatu’  trus di bantah sendiri juga ‘ya ngambil duid bego !!’ ) garing kan??
Ga biasanya ATM antri panjang banget. kog ya kalo ga punya duit bisa bareng sama saya ya?? kebanyakan yang ngantri pada ngedumel ngomel
“lama banget !!” tapi lucunya, pas giliran dia yang masuk di ATM ya lama banget…nah jadinya gantian diomelin yang ngantri laennya.
hoi untunglah saya punya sedikit sikap sabar ~ ciieee ~ jadi ngantri enjoy aja..nah trus timbul iseng saya. coba ah berapa lama seh tiap orang ngambil duid di ATM itu ??
Saya keluarkan HP trus nyari fitur stopwatch , tiap kali ada orang masuk saya pencet start..kalo udah keluar tinggal di split jadi tau masing orang butuh berapa lama buat nganbil duid itu.

Tiap kali saya masuk di ATM , yang saya pikirkan cuma satu, ”semoga kali ini mesinnya error” , bukan apa-apa, jadi misal saya pencet angka 100 000, harapan saya yang keluar setidaknya 3 lembar uang 50 000 an.
Anehnya iseng2 ngitungin pake stopwatch malah sering saya kerjain tiap kali ngantri di ATM dan ternyata ada sebuah kesimpulan mesarik dari keisengan saya itu
dan kesimpulannya adalah
1. wanita membutuhkan waktu paling lama untuk ngambil duid di ATM
2. ternyata pagi hari wanita bisa lebih cepet ngambil duid di ATM

Oke kita cari tau sebabnya kenapa wanita membutuhkan waktu paling lama saat ngambil duit di ATM apalagi sore ato malam hari

1. Masuk ke ATM
2. Periksa makeup
3. Sibuk cari kartunya di dalem dompet yang ditaruh di dalem tas
4. Masukkan kartu
5. sambil nunggu loading, periksa make up
6. Tekan cancel
7. Sibuk lagi cari catatan PIN di dalem dompet yang di taruh di dalem tas
8. catetan PIN ga ketemu, nyoba cari di hape yang di taruh di dalem tas
9. Masukkan kartu
10. sambil nunggu loading, periksa make up lagi
11. ragu2 mo ngambil duit berapa
12. pencet 200000 aja deh
13. Ambil uangnya
14. Periksa makeup
15. keluar ATM, udah jalan kira2 20 meter
16. Balik lagi ke mesin ATM
17. Ambil kartu ATM nya
18. Periksa makeup
19. jalan lagi

sedangkan laki2 membutuhkan waktu sekitar 1-2 menit

1. Masuk ke ATM
2. Masukkan kartu
3. Masukkan nomer PIN
4. Ambil uang
5. Ambil kartunya
6. pergi

Namun kalo pagi hari, wanita ternyata bisa ngambil duit lebih cepet dari biasanya. Apalagi yang datang ke ATM masih pake baju ala kadarnya, sendal jepitan, cuma cuci muka doang dan bawa keranjang belanjaan
mereka berburu dengan waktu..belanja di pasar, nyiapin sarapan suami, nganter anak pergi sekolah, nonton infotainment.

Teror Nyamuk
Ada guyonan yang udah basi banget tapi masih sering di pake , bahkan mungkin yang nyiptain lelucon ini udah lupa kapan pertama kali di publikasikan.
kalo saya ngomong gini “semalam ga bisa tidur.. di keroyok nyamuk” pasti kebanyakan komentar temen2 kayak gini “wah nyamuk wedhok iku”. dikostku emang banyak nyamuk
dan guyonan itu emang udah ga asing . emang kayaknya udah ada suatu rules yang ga tertulis kalo digigit nyamuk harus di katain nyamuk wedhok ..biasanya joke ini saya anggap angin lalu.
secara ga sengaja saat browsing di harunyahya.com saya nemu artike tentang nyamuk hoi ternyata guyonan itu bener lho..buka boongan

tidak semua nyamuk menghisap darah hanya nyamuk betina saja yang menhisap darah dan ternyata itu bukan makanan pokok mereka lho.. sebenarnya makanan nyamuk baik yang jantan dan betina adalah cairan nektar bunga.
sedikit cerita tentang nyamuk. Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies.
Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tapi jarang sekali melebihi 15 mm. Nyamuk melalui empat tahap yang jelas dalam siklus hidupnya: telur, larva, pupa, dan dewasa.Sebagian spesies mempunyai siklus hidup sependek empat hari atau hingga satu bulan.
Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai “Mosquito”, berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats.

Tidak seperti anggapan orang, nyamuk tidak menusuk kulit dengan cara menghunjamkan sungutnya seperti jarum suntik. Di sini, tugas utama dilakukan oleh rahang atas yang setajam pisau dan rahang bawah yang memiliki gigi yang membengkok ke belakang.
Nyamuk menggerakkan rahang bawah maju-mundur seperti gergaji dan mengiris kulit dengan bantuan rahang atas. Ketika sengat diselipkan melalui irisan pada kulit ini dan mencapai pembuluh darah, proses pengeboran berakhir. Sekarang waktunya nyamuk mengisap darah.

sebagaimana kita ketahui, luka seringan apa pun pada pembuluh darah akan menyebabkan tubuh manusia mengeluarkan enzim yang membekukan darah dan menghentikan kebocoran (kecuali keturunan keluarga kerajaan inggris). Enzim ini tentunya menjadi masalah bagi nyamuk, sebab tubuh manusia juga akan segera bereaksi membekukan darah pada lubang yang dibuat nyamuk dan menutup luka tersebut. Artinya, nyamuk tidak akan bisa mengisap darah lagi.
inilah hebatnya nyamuk. Sebelum mulai mengisap darah, ia menyuntikkan cairan khusus dari tubuhnya ke dalam irisan yang telah terbuka. Cairan ini menetralkan enzim pembeku darah. Maka, nyamuk dapat mengisap darah yang ia butuhkan tanpa terjadi pembekuan darah. Rasa gatal dan bengkak pada titik yang digigit nyamuk diakibatkan oleh cairan pencegah
pembekuan darah ini

lalu mengapa mereka menghisap darah? nyamuk betina menghisap darah adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi telur yang dikandungnya. protein dalam darah itulah yang diperlukan bagi telur2 nyamuk
singkat kata , nyamuk betina yang lagi hamil sajalah yang menghisap darah.
lalu mengapa kog banyak banget yang nguing-nguing di kamar saya? berarti mereka hamil semua dong.. sumpah bukan saya yang ngehamili!!

trus apa hubungannya mesin ATM sama nyamuk?
malam ini duit di dompet saya tinggal 1 lembar 20ribuan, 1 lembar 5 ribuan, plus 3 lembar uang seribuan. dan obat nyamuk di kost udah habis..
jadi kalau tidak ada mesin ATM berarti saya ga bisa ngambil duit buat beli obat nyamuk sehinga nyamuk bisa meraja lela.. nah ada hubungannya kan???