Saya ga suka pedes

Saya masih ingt dulu waktu kecil pas suka sakit gigi, saya sering di bujuk sama bapak
“kuman di gigi itu takut sama pedes..kalo kamu makan sambel..nanti sakit gigimu hilang”
itu yang selalu dikatakan saat saya jungkir balik..mulet-mulet di kasur…meringis ngga ,nangis juga ngga..
tapi saya tetep aja…ga nurut. prinsip saya kayak gini
“dari pada makan sambel…lebih baik sakit gigi iniiiiiiiiiii biar tak mengapaaaaaaa” (mbacanya pake cengkok ya !!)

Saya heran aja, orang2 kog suka banget sama benda sebesar jari kelingking, berwana merah, plus rasanya amat menyiksa lidah…
sekarang ga cuma sayur aja yang di kasih rasa pedes..ada singkong goreng rasa pedes,,jagung bakar rasa pedes..roti isi sambel…
untungnya sampe sekarang belum ada eskrim rasa pedes…(mudah-mudahan manager ice campina ga baca tulisan ini, biar ga di jadiin ide bikin eskrim rasa pedes)

Malah sampe sekarang ibu paling hapal, kalo masak , pas aku pulang kerumah pasti ga pake lombok . bahkan pas beliin bakso, kalo lazimnya orang beli itu ngomong:
“bakso cak!! pentolnya 3 ,pake gorengan, kuahnya dikit aja!”
kalo ibu beliin , justru yang di omongin pertama:
“ga pake sambel !!” …*maksude opo*

Durian buah keberuntungan?

Hampir semua buah yang ada di muka bumi ini cocok buat lidahku kecuali satu “DURIAN”. saya ga habis pikir,kenapa orang doyan sama nih buah.. padahal uggghh baunya bikin eneg…jangankan makan, nyium baunya aja bikin mual. Saya juga ga habis pikir ini buah di jadikan lambang keberuntungan , sampe-sampe bank sekelas BNI memakai simbol buah ini untuk acara promo hadiah. bagaikan ketiban durian runtuh …kalo menurut saya sih bukannya untung , malah masuk rumah sakit.
Bahkan saking gilanya, banyak orang menyamakan kenikmatan buah durian ini dengan nikmatnya malam pengantin — liat aja di undangan manten, kartu ucapan..sering tertulis “selamat membelah durian”
durian yang mana nih??
tapi kalo menurut saya sih “durian tetangga lebih enak  ketimbang durian punya sendiri”  *halah*

Saking enegnya saya sama buah ini , sumpah !! kalo ada yang nawarin
“pilih mana, jus duren plus duit 10 ribu atau jus alpukat plus bogem??”
mending tabokin saya sampe pingsan gapapa ketimbang minum jus duren yang baunya menjijikkan itu uuuggghhhhh yaiksss

witing tresno jalaran soko cobo-cobo
Suatu kali orang2 kantor bawa banyak durian (monthong) dan bisa di tebak, orang yang pertama mencibir adalah aku. pikirku ngapain sih ngabisin ratusan ribu buat beli duren sebanyak itu??
Tapi bak orang yang  kesurupan yang “men-durian-i” gadis, temen2 justru dengan nafsunya ,durian itu di telanjangi… tapi kog baunya ga terlalu menyengat ya??? lagian daging buahnya kliatan bagus banget..ngga dleler kayak yg di jual di pinggir jalan.
sebenernya saya ini ga suka baunya apa rasanya sih ??? kan saya belum pernah makan???
oke..kali in saya nekat mencicipi.meski nantinya bakal mual2 bahkan sampe muntah dan baru bisa di netralisir sama degan ijo..

pertama-tama tutup hidung…
kedua-dua jilat pake ujung lidah…
ketiga-tiga gigit se ujung gigi aja…
keempat-empat telan secepatnya…
dan hoi..ternyata enak juga ya..!!
jadi ga heran kalo temen2 yang tadinya “mbombongi” sekarang malah ngelarang…soalnya ngabisin banyak…

Biasanya klo pas ke supermarket, saya beli durian meski cuma sesisir (biasanyaya di wadahin styrofoam) dan harganya ga terlalu mahal , 25 sampe 30 ribuan..
sengaja ga beli yang bulet utuh ,selain ribet mbawanya, ntar ga enak sama tetangga.

nah sekarang kalo ada yang nawarin
“pilih mana jus durian ato jus alpukat?”
dengan tegas saya akan menjawab
“jus durian di bungkus ….jus alpukat di minum sekarang”

—- ide dari koment-koment’an sama HeNie —-

About maseko cahyo


One response to “Saya ga suka pedes

Tinggalkan Balasan

