All about laktASI

gambar ambil dari wahyukokkang.wordpress.com

“Teman-teman , istriku hamil!!” baru sampe pintu ,seorang temanku ngabari k semua orang.
“yakin nih mas?” tanyaku sambil mata berkaca-kaca    T_T
“iya dong..kemaren udah test ke dokter..positip men !!” katanya semangat banget.
“maksudnya , yakin nih bapaknya sampeyan?”
*ciat….ciaaaaattttt…bbllethhaaakkkk!!!!!* langsung kena kungfu jurus mabuk

Kliatannya temen saya ini bapak yang baik..saking bangganya ,tiap kali rontgen (mbuh tulisane piye) di baca ronsen, mesti di foto pake hape..trus di pamerin ke temen2 sekantor.

9 bulan lahirlah itu bayi… beberapa waktu kemudian saya berkunjung ke rumahnya ‘thilik bayi’. di rumahnya waktu itu anaknya nangis,tapi anehnya, ga d mimik’i sama ibunya (tiwas saya nunggu)..malah di mimik’i pake dot.
iseng2 saya nanya

“mas,kog ga mimik asi lho?”
“lho yang di minum itu asi, tapi di taruh botol!”
sambung temen saya
“soalnya ibunya kan kerja ,jadi nyimpen asi di kulkas,klo si kecil haus tinggal di angetin ,trus di minumin !”
ooooo

Iseng2 saya kog jadi tertarik sama ‘itu’ (belum tau istilahnya). lalu saya coba2 buka internet , cari artikel tentang ‘itu’ .(masih belum tau istilahnya)
ooh baru tahu kalo ‘itu’ ternyata di namakan LAKTASI atau memerah ASI. kita pasti tahu kalau ASI adalah suatu anugrah dari tuhan yang ga bisa di gantikan dengan apapun.
dibawah ini beberapa keunggulan dari ASI
1.
gratis — tidak harus beli di supermarket dan pasti tersedia setelah melahirkan
2. bergizi tinggi — kandungan gizi dan zat imun yg lengkap dan tidak terdapat di susu formula
3. praktis — bisa di mimik’in ke bayi kapan dan dimanapun tanpa butuh air panas. tinggal buka langsung di di jejalin ke mulut bayi.
4. higienis — bisa di pastikan tanpa bahan pengawet, borax, formalin dll
5. kemasan menarik — konon karna kemasan yang sedemikian rupa inilah yang bikin bapak sama bayinya suka rebutan.

tapi selain keunggulan ternyata ada kelemahannya juga lho….!!!
1. berubah rasa — ini biasanya terjadi kalau si ibu pas keringetan , jadi itu ASI rasanya jadi asem.
2. berubah aroma — yang paling sering adalah si bayi yang protes karna puting ibunya bau rokok jadi ~~~terlalu vulgar,di sensor ~~~

LAKTASI atao memerah ASI bisa dilakukan dengan beberapa cara
1. cara manual — cara ini paling murah dan praktis..yaitu menggunakan tangan lalu di tampung di wadah. yang paling seneng ginian adalah bapaknya..sambil merem-melek, melat-melet..ngiler , sementara si ibu cuma nyengir….teknik ini harus hati2 soalnya kuatir tumpah kemana2.
2. dengan pompa payudara (breast pump) — pompa payudara ini ada dua macem ,

manual pump

pertama yaitu pompa manual yang menggunakan tangan untuk melakukannya . pompa ini terdapat semacam balon dari karet untuk menghisap ASI keluar .ASI yang keluar sudah ada penampung nya sendiri.
teknik ini harus memperhatikan kekuatan memompanya ,jangan terlalu kuat(sakit sih katanya) ,jgn pula terlalu lemah (ga keluar lho).

electric pump

cara kedua yaitu dengan pompa elektrik.alat ini mempunya pengatur tekanan penyedotan, jadi relatif lebih stabil jika di bandingkan dengan pompa manual.bayangin aja kalau pompa manual ,yang mompa sambil ngantuk pastilah penyedotannya juga kadang kuat kadang lemah… pompa elektrik ini harganya lumayan mahal.
namun biasanya ,si ibu rada takut kalo pake breast pump ini ..takut bentuknya berubah . bayangin aja klo yng di pompa tiap hari yang sebelah kiri aja ato kanan aja
ada lagi satu cara namun ini biasanya digunakan oleh ibu yang ga punya puting. alatnya ini terbuat dari silikon yang bentuknya menyerupai payudara…yang ada pengganti putingnya
cara ini mengkombinasikan dengan cara LAKTASI manual.yaitu di perah pake tangan

ASI hasil LAKTASI ini bisa bertahan pada suhu kamar kurang lebih 6 jam. namun pada suhu beku bisa lebih lama (bisa mencapai 2 bulan lho)..tapi lebih amannya , sebaiknya jangan sampai dua minggu.untuk menyimpan dalam keadaan beku berikut tips2 amannya.
– simpan dalam wadah tertutup seperti botol
– sterilkan dulu wadah/botol sebelum di gunakan menyimpan asi,apalagi kalo botol yang di gunakan adalah bekas botol bir.
– jangan menggunakan wadah yang terbuat dari melamin atau tutup yang dari bahan mudah berkarat.
– beri masing2 wadah/botol tanggal pemerahannya.
untuk mempersiapkan asi laktasi ini tinggal di hangatkan lebih dahulu lalu susu siap di minumkan ke bayi.

—di dapet dari berbagai sumber dan di tambahi sedikit bumbu kacang—

About maseko cahyo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: