Monthly Archives: September 2008

Saya ga suka pedes

Saya masih ingt dulu waktu kecil pas suka sakit gigi, saya sering di bujuk sama bapak
“kuman di gigi itu takut sama pedes..kalo kamu makan sambel..nanti sakit gigimu hilang”
itu yang selalu dikatakan saat saya jungkir balik..mulet-mulet di kasur…meringis ngga ,nangis juga ngga..
tapi saya tetep aja…ga nurut. prinsip saya kayak gini
“dari pada makan sambel…lebih baik sakit gigi iniiiiiiiiiii biar tak mengapaaaaaaa” (mbacanya pake cengkok ya !!)

Saya heran aja, orang2 kog suka banget sama benda sebesar jari kelingking, berwana merah, plus rasanya amat menyiksa lidah…
sekarang ga cuma sayur aja yang di kasih rasa pedes..ada singkong goreng rasa pedes,,jagung bakar rasa pedes..roti isi sambel…
untungnya sampe sekarang belum ada eskrim rasa pedes…(mudah-mudahan manager ice campina ga baca tulisan ini, biar ga di jadiin ide bikin eskrim rasa pedes)

Malah sampe sekarang ibu paling hapal, kalo masak , pas aku pulang kerumah pasti ga pake lombok . bahkan pas beliin bakso, kalo lazimnya orang beli itu ngomong:
“bakso cak!! pentolnya 3 ,pake gorengan, kuahnya dikit aja!”
kalo ibu beliin , justru yang di omongin pertama:
“ga pake sambel !!” …*maksude opo*

Durian buah keberuntungan?

Hampir semua buah yang ada di muka bumi ini cocok buat lidahku kecuali satu “DURIAN”. saya ga habis pikir,kenapa orang doyan sama nih buah.. padahal uggghh baunya bikin eneg…jangankan makan, nyium baunya aja bikin mual. Saya juga ga habis pikir ini buah di jadikan lambang keberuntungan , sampe-sampe bank sekelas BNI memakai simbol buah ini untuk acara promo hadiah. bagaikan ketiban durian runtuh …kalo menurut saya sih bukannya untung , malah masuk rumah sakit.
Bahkan saking gilanya, banyak orang menyamakan kenikmatan buah durian ini dengan nikmatnya malam pengantin — liat aja di undangan manten, kartu ucapan..sering tertulis “selamat membelah durian”
durian yang mana nih??
tapi kalo menurut saya sih “durian tetangga lebih enak  ketimbang durian punya sendiri”  *halah*

Saking enegnya saya sama buah ini , sumpah !! kalo ada yang nawarin
“pilih mana, jus duren plus duit 10 ribu atau jus alpukat plus bogem??”
mending tabokin saya sampe pingsan gapapa ketimbang minum jus duren yang baunya menjijikkan itu uuuggghhhhh yaiksss

witing tresno jalaran soko cobo-cobo
Suatu kali orang2 kantor bawa banyak durian (monthong) dan bisa di tebak, orang yang pertama mencibir adalah aku. pikirku ngapain sih ngabisin ratusan ribu buat beli duren sebanyak itu??
Tapi bak orang yang  kesurupan yang “men-durian-i” gadis, temen2 justru dengan nafsunya ,durian itu di telanjangi… tapi kog baunya ga terlalu menyengat ya??? lagian daging buahnya kliatan bagus banget..ngga dleler kayak yg di jual di pinggir jalan.
sebenernya saya ini ga suka baunya apa rasanya sih ??? kan saya belum pernah makan???
oke..kali in saya nekat mencicipi.meski nantinya bakal mual2 bahkan sampe muntah dan baru bisa di netralisir sama degan ijo..

pertama-tama tutup hidung…
kedua-dua jilat pake ujung lidah…
ketiga-tiga gigit se ujung gigi aja…
keempat-empat telan secepatnya…
dan hoi..ternyata enak juga ya..!!
jadi ga heran kalo temen2 yang tadinya “mbombongi” sekarang malah ngelarang…soalnya ngabisin banyak…

Biasanya klo pas ke supermarket, saya beli durian meski cuma sesisir (biasanyaya di wadahin styrofoam) dan harganya ga terlalu mahal , 25 sampe 30 ribuan..
sengaja ga beli yang bulet utuh ,selain ribet mbawanya, ntar ga enak sama tetangga.

nah sekarang kalo ada yang nawarin
“pilih mana jus durian ato jus alpukat?”
dengan tegas saya akan menjawab
“jus durian di bungkus ….jus alpukat di minum sekarang”

—- ide dari koment-koment’an sama HeNie —-


All about laktASI

gambar ambil dari wahyukokkang.wordpress.com

“Teman-teman , istriku hamil!!” baru sampe pintu ,seorang temanku ngabari k semua orang.
“yakin nih mas?” tanyaku sambil mata berkaca-kaca    T_T
“iya dong..kemaren udah test ke dokter..positip men !!” katanya semangat banget.
“maksudnya , yakin nih bapaknya sampeyan?”
*ciat….ciaaaaattttt…bbllethhaaakkkk!!!!!* langsung kena kungfu jurus mabuk

Kliatannya temen saya ini bapak yang baik..saking bangganya ,tiap kali rontgen (mbuh tulisane piye) di baca ronsen, mesti di foto pake hape..trus di pamerin ke temen2 sekantor.

9 bulan lahirlah itu bayi… beberapa waktu kemudian saya berkunjung ke rumahnya ‘thilik bayi’. di rumahnya waktu itu anaknya nangis,tapi anehnya, ga d mimik’i sama ibunya (tiwas saya nunggu)..malah di mimik’i pake dot.
iseng2 saya nanya

“mas,kog ga mimik asi lho?”
“lho yang di minum itu asi, tapi di taruh botol!”
sambung temen saya
“soalnya ibunya kan kerja ,jadi nyimpen asi di kulkas,klo si kecil haus tinggal di angetin ,trus di minumin !”
ooooo

Iseng2 saya kog jadi tertarik sama ‘itu’ (belum tau istilahnya). lalu saya coba2 buka internet , cari artikel tentang ‘itu’ .(masih belum tau istilahnya)
ooh baru tahu kalo ‘itu’ ternyata di namakan LAKTASI atau memerah ASI. kita pasti tahu kalau ASI adalah suatu anugrah dari tuhan yang ga bisa di gantikan dengan apapun.
dibawah ini beberapa keunggulan dari ASI
1.
gratis — tidak harus beli di supermarket dan pasti tersedia setelah melahirkan
2. bergizi tinggi — kandungan gizi dan zat imun yg lengkap dan tidak terdapat di susu formula
3. praktis — bisa di mimik’in ke bayi kapan dan dimanapun tanpa butuh air panas. tinggal buka langsung di di jejalin ke mulut bayi.
4. higienis — bisa di pastikan tanpa bahan pengawet, borax, formalin dll
5. kemasan menarik — konon karna kemasan yang sedemikian rupa inilah yang bikin bapak sama bayinya suka rebutan.

tapi selain keunggulan ternyata ada kelemahannya juga lho….!!!
1. berubah rasa — ini biasanya terjadi kalau si ibu pas keringetan , jadi itu ASI rasanya jadi asem.
2. berubah aroma — yang paling sering adalah si bayi yang protes karna puting ibunya bau rokok jadi ~~~terlalu vulgar,di sensor ~~~

LAKTASI atao memerah ASI bisa dilakukan dengan beberapa cara
1. cara manual — cara ini paling murah dan praktis..yaitu menggunakan tangan lalu di tampung di wadah. yang paling seneng ginian adalah bapaknya..sambil merem-melek, melat-melet..ngiler , sementara si ibu cuma nyengir….teknik ini harus hati2 soalnya kuatir tumpah kemana2.
2. dengan pompa payudara (breast pump) — pompa payudara ini ada dua macem ,

manual pump

pertama yaitu pompa manual yang menggunakan tangan untuk melakukannya . pompa ini terdapat semacam balon dari karet untuk menghisap ASI keluar .ASI yang keluar sudah ada penampung nya sendiri.
teknik ini harus memperhatikan kekuatan memompanya ,jangan terlalu kuat(sakit sih katanya) ,jgn pula terlalu lemah (ga keluar lho).

electric pump

cara kedua yaitu dengan pompa elektrik.alat ini mempunya pengatur tekanan penyedotan, jadi relatif lebih stabil jika di bandingkan dengan pompa manual.bayangin aja kalau pompa manual ,yang mompa sambil ngantuk pastilah penyedotannya juga kadang kuat kadang lemah… pompa elektrik ini harganya lumayan mahal.
namun biasanya ,si ibu rada takut kalo pake breast pump ini ..takut bentuknya berubah . bayangin aja klo yng di pompa tiap hari yang sebelah kiri aja ato kanan aja
ada lagi satu cara namun ini biasanya digunakan oleh ibu yang ga punya puting. alatnya ini terbuat dari silikon yang bentuknya menyerupai payudara…yang ada pengganti putingnya
cara ini mengkombinasikan dengan cara LAKTASI manual.yaitu di perah pake tangan

ASI hasil LAKTASI ini bisa bertahan pada suhu kamar kurang lebih 6 jam. namun pada suhu beku bisa lebih lama (bisa mencapai 2 bulan lho)..tapi lebih amannya , sebaiknya jangan sampai dua minggu.untuk menyimpan dalam keadaan beku berikut tips2 amannya.
– simpan dalam wadah tertutup seperti botol
– sterilkan dulu wadah/botol sebelum di gunakan menyimpan asi,apalagi kalo botol yang di gunakan adalah bekas botol bir.
– jangan menggunakan wadah yang terbuat dari melamin atau tutup yang dari bahan mudah berkarat.
– beri masing2 wadah/botol tanggal pemerahannya.
untuk mempersiapkan asi laktasi ini tinggal di hangatkan lebih dahulu lalu susu siap di minumkan ke bayi.

—di dapet dari berbagai sumber dan di tambahi sedikit bumbu kacang—


Hape bisa bikin pelupa

gambar dari iwaniwe.com

Saya pelupa..meski ga akut2 amat,tapi tetep ga nyaman dg kondisi ini.
Mungkin ada benarnya juga klo hape tuh salah satu faktor orang kehilangan daya ingat. klo dulu jaman SMA waktu HP belom sepopuler sekarang, kalo beberapa tahun lalu harga kartu perdana mahal minta ampun (seukuran anak SMA mestinya) harga voucher dulu paling murah 50 000
Dulu saya nyatetein telpon rumah temen2 pake buku telpon..jadinya sekalian nyatet juga di hapalin , jadinya gampang di inget diluar kepala

Out Of Topic bentar
sebelum esia datang (nerima telpon dpt duit) saya pernah omong2 sama temen (pas itu gencar persaingan tarif operator), kalo suatu saat bisa2 orang nelpon yg malah di bayarin ,he..he..ternyata jadi beneran (kayak peramal aja)
cuma program tuh bikin saya ngakak ..ngajak temen pake esia, dapet talktime 5000 nerima telpon dari operator laen dapet 50 per menit..bisa di transfer , jadi duit lho !!, udah gitu di promosiin ma ringgo “jadi kaya ala esia” ..saya sih mikirnya gini…promosiin ke temen sampe mulut kriting cuma dapet 5000?? mending jadi calo KTP di kecamatan..lagian di jual kemana?? wong pengguna esia sama2 pengin jual juga kog!! he..he..
lagian (maneh) temen2 kantor pelit banget sama pulsa ,jadi ga usah ngarep deh d telpon lebih dari 10 detik!!

oke back to topic..
Bdah beberapa bulan ini saya , punya hape meski second n tipe lawas dan yang jelas hape ini ga bisa buat gaya pa lagi temen ngeceng buat di gantung di leher ,yang ada malah jadi bahan tertawaan…~nokia 3586i~ . belinya sih karna tuntutan kerja ,wajib punya.

temen : “pinjem hape dong !!”
aku : “buat apaan??”
temen : “nih mejaku goyang2 , butuh ganjel !”
*dongkol*

temen : “pinjem hape dong !!”
aku : “buat apaan??”
temen : “kuping gw gatel” (anten di cabut di masukin kuping)
*eits..eits*

temen : “pinjem hape dong !!”
aku : “buat apaan??”
temen : “banyak nyamuk nih” (anten di cabut kayak semprotan obat nyamuk)
*gondok*

temen : “tunningnya mana nih” (tampang bego)
aku : “ini HP mas bukan HT”
temen : “ow..kirain radio”
*sambit pake hp*

tapi untung lah ini hape menang klo di adu tabrakan ma hape laen (gede sih..!!)

oke back to topic…(lagi)…
hape,punya fitur menu yang namanya “contacts” yang bisa nyimpen ratusan nama n no telpon.
saya paling males kalo nyatet no telpon , biasanya nyuruh miskol temen saya udah gitu tinggal di save aja..beres..!!!
parahnya lagi kadang saya ga inget ini nama ..orangnya siapa ya?? (kasih nama aneh2 sih)
tit..tut..tut.tit..tot.tet.tet.(mencet no telpon) langsung nyambung
*pede plus sok akrab* ”mbak ita , datanya udah ta fax..sampeyan skrg lagi dimana?”
hening sejenak dari ujung sana trs nyaut “sek..sek..maksude opo iki?” (suara cowok)
saya heran trus ta liat layar hape
“he..he..sorry mas..kliru”
ternyata salah pencet punya mas julius..tuh orangnya lagi di tangga kantor.

fitur menu laen yg dimiliki hape ada “organizer” submenu “calender”.di submenu ini ada juga sub-submenu “meeting”,”call”,”birthday”,”memo”,”reminder”
sebebernya semua fungsinya hampir sama namun disini yang sering saya gunakan adalah memo sama birthday.
bikin memo “beli sabun mandi” di setting jam 17:00 .
saya mandi jam 16:50 ,udah bugil baru tau klo ga ada sabun..jadi hari ini gratis ga pake sabun
nyampe kamar, tit..ti..tit.tiiiiittt….hape ngasih tau “beli sabun mandi”.

nah kedua fasilitas ini secara ga sadar , bikin kita kemampuan daya ingat kita ga terasah. ~ teori konspirasi nggedableh~ mungkin nokia sengaja membuat demikian agar generasi muda indonesia jadi pemuda yang tulalit hi..hi..

pernah ni hape ketinggalan di wc di RS Dr Soetomo …yah lumayan lama sih..trus di temukan sama cleaning services n di balikin deh
pesan moralnya kenapa di balikin
-khusnudzon = emang tuh orang jujur
-suudzon = doi ga doyan ama nih hape..dijual pun tekor..
-sosial = liat tampang saya mungkin ga tega..wajah orang susah..

pernah juga pas ke mini market deket kost-an . abis bayar ..terima kembalian….trus baru nyampe pintu…
“mas..mas…” teriak si kasir
perasaan saya ga nyolong..lagian saya udah bayar semua kog..
“ya mbak”
“belanjaannya ga di bawa tah?”
*tepuk jidat*