Ngeblog malu, nggak ngeblog rindu

Sudah lama saya ndak nulis di blog.  bingung mau nulis apa.. saking bingungnya sampe judul aja niru2 tulisan di kebanyakan truk2 di jalan.

Sekedar update, kalo Ngeblog malu, nggak ngeblog rindu,Pertanyaannya adalah, lebih besar mana, kerinduan atau kemaluan?

Kemaluan boleh besar, tapi kerinduan buat ngeblog ternyata lebih besar,, jadi nulis dikit aj. sekian.

 

*ini di tulis jam 16.45,  sambil menunggu buka puasa*

 

 


Ini tahun 2012

gambar ngambil dari iwaniwe.wordpress.com

.. seribu mimpi yang mungkin terwujud esok, atau lusa., datang menghampiri kita berdua.. (penggalan lirik lagu jamrud)

Tahun 2011 sudah berganti jadi 2012 , setiap pergantian tahun sebagian besar orang menyambutnya dengan suka cita. di tunggu-tunggu dan berharap
datangnya tahun baru membawa harapan baru bagi tiap orang.

Yang 3 tahun belum lulus kuliah, berharap segera di wisuda. Bukan cuma perkara malu sama adek2 kelas yang sudah duluan wisuda, tapi juga diobrak2i bapak yang sudah makin cekat-cekot , jidat mengkerut mikir biaya kuliah yang makin gedhe..
Belom lagi kalo di tanyain budhe, pakdhe, embah dan sodara2 yang lain, pertanyaan yang menusuk kalbu yang paling dalem,… dalem banget,.. semacam
“kamu memangnya kuliah berapa tahun?”
“kapan lulus? kamu nerusin ke jenjang S2 tah?”
“sekarang sudah semester berapa??”
bahwa jawaban “sudah semester 8″ jika di gunakan 3 tahun terus-terusan juga sangat-sangat tidak logis.

Yang nganggur luntang-lantung, berharap mendapat kerjaan yang enak, di perusahaan bonafid, gaji gedhe, bonus, asuransi, dan pensiun .
Bukan cuma perkara malu sama adek2 kelas yang sudah mapan duluan di sebuah instansi, tapi ya itu, mau apa2 masa iya minta duid orang tua terus?
mau pacaran minta ortu, mau jalan2 minta duid ortu,.
Mau ketemu camer nggak PeDe, belum lagi kalo sang pacar minta di belikan boneka gedheee. T_T

Yang masih jomblo akut, berharap segera di pertemukan jodohnya, kalo bisa yang cantik, baik, pengertian, penyayang, pinter ngaji, irit di dapur, rajin disumur dan hebat di kasur.
Menjelajahi fesbuk, aktif di twitter, semata2 di tempuh barangkali ada yang nyanthol di sana. Tidak apa-apa, gak usah sedih, jomblo itu bukan kutukan dan bukan penyakit dan gak berdosa, cuma makan ati aja yang gak nguati.
Ada kata bijak mengatakan, “tetap tersenyumlah meskipun kau sedang sedih, siapa tahu seseorang akan jatuh hati karna senyummu”

Yang belum di kasih momongan, berharap dapat segera punya gendongan.
Yang pengin punya rumah, yang pengin punya mobil , yang pengin pergi haji dan lain-lain banyak impian yang ingin terwujud di tahun 2012 ini.

Katakanlan kita masih belum meraih semua hal2 yang di impikan, tetaplah berusaha, berdoa, dan selalu bersyukur terhadap apa-apa yang sudah di karuniakan olehNYA.
Yang sudah dapat kerja, meski di perusahaan kecil (yang saking kecilnya, tempatnya ada di pojokan kampung, bahkan tetangga aja nggak tahu kalo itu kantor ) ya di syukuri..
Yang sudah punya satu istri ya di syukuri.. soalnya kata pak kyai kalo kita bersyukur, nanti akan di tambah :D

Lalu impian saya sendiri apa ya? Pengin beli rumah, mobil, menikah, punya usaha sendiri, rada muluk2 ya?? yaa namanya berharap kan ndak apa-apa ya tho?
Akhirnya Dengan segala keterbatasanku, lalu aku bersyukur ,Alhamdulillah Ya Allah Engkau karuniakan aku wajah seganteng ini.


Rok mini..Oh.. Rok mini

gambarnya ambil dari iwaniwe.wordpress.com

gambarnya ambil dari iwaniwe.wordpress.com

“Bayangkan saja kalau orang naik mikrolet, orang yang duduk di depannya pakai rok mini. Agak gerah juga, kan? Kalau orang naik motor pakai celana pendek, ketat lagi, bayangin aja. Itu yang ikut di belakangnya, bisa goyang-goyang,”.

Itu kata pak fauzi bowo , menanggapi maraknya pemerkosaan dalam angkot. Yang akhirnya di bales demo puluhan aktivis wanita yang mengecam pernyataan yang lebih menyalahkan wanita karna di perkosa. Karna menurut mereka, otak para lelaki lah yang harus di salahkan, mereka otaknya kotor, porno dan mesum. Sementara kaum lelaki juga ga mau di salahkan,
“tadinya dari rumah otak saya bersih kog”.
“otak lelaki memang porno jika lait begituan,  dia kan bukan homo”
*ngeles*
Ini gak akan mencapai titik temunya kalo hanya saling menyalahkan.

Saya jadi ingat kapan hari saat keluar kota, awalnya obrolan kita seputar pekerjaan, pas ada cewek pake berbusana minimalis, teman saya nyeletuk begini.
” cewek pake pakaian mini itu cuma enak untuk di lihat, tapi gak enak di jadikan istri”
saya tanya “Kog bisa?”
dijawab sama dia ” karna laki-laki yang normal, pasti gak akan rela kalo aurat istrinya di lihat lelaki lain, tul gak?”.
Meskipun tidak munafik, saya juga akan ngelirik kalo ada cewek berpakaian mini, hot pants, tapi saya tidak akan memberi toleransi buat keluarga, istri, putri, saudari , ibu, apalagi nenek untuk pakai rok mini, terutama bagi saya sendiri.. tidak akan pernah !!!

gambar dari iwaniwe.wordpress.com

 

Terlepas dari kontroversinya, bukan bermaksud membenarkan si pemerkosanya (melaknat dg keras si pemerkosa!!!!) dan bukan pula menyalahkan si korban, tapi  sebaik-baiknya permasalahan, adalah di kembalikan kepada agama. sekalipun secara teori kebebasan, feminisme, hak asasi berpakaian itu sah-sah saja, bukankah secara agama itu salah?, aurat bukankah lebih baik di lihatkan kepada limited person saja.

Boleh2 saja kaum hawa mengklain bahwa dengan berbusana mini adalah kebebasan mereka, menunjukkan identitas mereka, tapi sejatinya menurut saya adalah mereka masih terjajah oleh kaum pria. Wanita tahu betul apa yang di sukai pria yaitu pake rok mini, dan mereka ngajangi ombo atas itu. benar2 perpaduan kerjasama yang apik.  Disatu sisi wanita merasa bangga karna merasa sexy dan di perhatikan dan di sisi yang lain memberikan kesegaran bagi mata lelaki.. tapi perlu di ingat, tidak semua lelaki menilai seseorang itu sexy hanya karna rok mini, ada yang sampai bernafsu, ada juga yang biasa2 saja,bahkan mungkin juga malah risih.

Dunia memang sudah waras, untunglah saya masih edan… dulu waktu  masih SD, kelihatan tali BH anak perempuan aj udah ngiler, apalagi kalo lihat yang pake rok mini, barangkali sudah mimisan.
Emang, di dalam ROK MINI ada apanya sih???
Katanya sih ada TAMAN MINI.


Petruk sayang , Petruk malang (part 2)

##Lanjutan dari cerita petruk sayang, petruk malang ##

Menjelang senja, petruk yang sudah membuat janji dengan srikandi mau ketemuan, siap2 berangkat menuju negeri ngamarto yang jaraknya lumayan jauh.
Di bela2 in mbolos kerja, jam 3 sore, petruk sudah sampai di stasiun. Suara cempreng bel kereta kertajaya membuyarkan lamunan petruk yang memang sudah menunggu kedatangannya
“Bismillah, aku mau menemui pujaan hati, cenil ariani anakku, doakan ayah selamat dan barokah dlm misi mencarikan pengganti bundamu ya nak “ gumamnya dalam hati.

15 jam dilalui petruk  naik kereta kelas ekonomi, yang bangkunya duduk berhadap2an sesama penumpang, fitur dengkul natap dengkul. semakin menambah penderitaan karna kaki yang gak bisa di selonjorin.
Hanya berharap orang di depannya mengangkat kaki ke atas kursi, baru bisa di kencengin kakinya.
Di iringi suara lagu dari hape yang sudah drop batreinya,
“tunggulah aku di jakartamu, tempat labuhan semua mimpiku..”
lagu kepunyaan shela on sepen, padahal dulu  pas band ini booming,ndak begitu suka. cuma ngepas2in saja sama keadaan, lumayan bisa sedikit mengusir pemandangan sumpek penjual yang riwa-riwi, bolak-balik nawari dagangan padahal bolak balik juga petruk bilang ‘tidak’.
kram, gerah, kesemutan tak di hiraukan asal sampai di tempat tujuan.

Matahari baru saja mecungul dari peraduannya, di barengi suara cicit burung gereja. jam sembilan pagi, petruk sampai di stasiun pasar senen, menahan kantuk, karna semalaman ga bisa tidur, mukanya awut2an, Bulir-bulir keringat menelisep di sela2 ketiak yang baunya mirip gombal pel-pel’an basah.
Sambil menunggu datangnya srikandi, petruk mandi dulu menyegarkan badan, biar ndak keliatan kayak orang hilang.

Kerinduan yang lama terpendam, buyar seketika saat menjumpai srikandi yang tampak anggun memakai baju warna kayak terong.cantik sekali…

Seharian menghabiskan waktu berdua, setiap detik dan setiap jengkal langkah terasa begitu indah, rasa capek dan ngantuk hilang entah kemana karna dia menghadirkan banyak cinta, begitu banyak sampai aku tenggelam di dalamnya.
“nak sepertinya wanita ini tepat jadi pengganti bundamu” begitu kata petruk optimis.

gambar ngambil dari iwaniwe.wordpress.com

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu.. seandainya bisa menghentikan waktu sejenak, ah kenapa matahari harus tenggelam di hari yang indah ini, mau tidak mau , petruk harus pulang. kembali kepada ariani yang menunggu di rumah.
duduk berdua menikmati sisa-sisa waktu bersama dia sambil menunggu datangnya kereta, yang berharap datangnya lebih lama lgi, klo perlu, mogok juga ndak apa2.

Suara deru mesin lokomotif gumarang akhirnya datang juga, membawa petruk kembali pulang ke rumah.. di iringi tembang lawas milik Stinky.
“tetes air mata, basahi pipimu, disaat kita kan berpisah..”
samar2 srikandi terlihat menitikkan airmata. meninggalkan hati yang di titipkan di sana, untuk di ambil lagi suatu saat.  we’ll meet again my dear, someday soon, InshaAllah.
-jakarta, 25 juli 2010-

Esok paginya petruk sampai kembali di ngastino, pulang ke rumahnya, atau tepatnya kost-kostannya yang nyelipnep ke dalam gang sempit, temboknya cuwil2, dan dindingnya mbulak, cuma di cat klo lebaran saja.

Satu bulan, dua bulan, hingga kini satu tahun setelah pertemuan itu, srikandi seolah semakin menjauh..
SMS jarang di bales, telpon kadang ga di terima, status hubungan di fesbuk di tanggalkan, album foto di hapus bahkan akhirnya petruk pun di remove dari pertemanan.
karna akhirnya Raden Drupada, bapaknya srikandi, tahu hubungan petruk sama srikandi. dan Raden drupada rupanya tidak menyetujui hubungan itu.

Kabar terakhir yang petruk tahu, status hubungan dia sudah “bertunangan”.
petruk kecewa untuk yang kedua kalinya.

kepada srikandi
yang pernah mengenalku
yang pernah duduk dan bercerita di sampingku
yang pernah mencoba mencerna hari bersamaku

terima kasih atas warna yang kau lukiskan
terima kasih atas senyum yang kau bagikan
atas kedewasaan yang mengisnpirasi langkahku
atas sebuah cinta yang tak bersyarat.

maaf jika aku menggoreskan luka di hatimu
maaf jika aku belum bisa larut jauh ke dalam warnamu
maaf jika aku pernah mencintaimu.
semoga kamu dan keluarga kecilmu, semakin baik kedepannya.
salam dari petruk dan ariani
-Surabaya, 23 Agustus 2011-


Ada yang aneh dilidah saya.

Beberapa saat lalu saya sempet membaca blog punya asop , tentang saya, sepuluh hal.

Kadang unik juga mencermati keanehan dan ketidak biasaan tentang diri sendiri. dulu pernah saya bahas di sini bahwa saya nggak suka pedes.
Sampai saat ini ada dua makanan yang belum bisa kompromi dengan lidah saya , yaitu pedes dan gajih. dan sepertinya tiak akan pernah saya kompromikan.
kata orang sih, laki2 yang ga suka pedes itu, orang nya kalem, lembut dan penyayang sama wanita.*membela diri*
Waktu saya mengutarakan hal ini, langsung d protes istri saya (almh), “teori dari mana itu??”
ya saya bilang. logikanya sederhana, saat kita kepedesan, lalu minta tolong ambilkan air minum, misal istri kelamaan dikitt aja, kan si suami jadi marah ya tho? hehe

Kalo di tulisan yang saya ga suka pedes itu, saya nyeritain hal yang ga saya suka, saat ini saya mau ceritain hal yang setengahnya saya suka, namun setengah di saat yang lain jadi gak suka.

1. Bawang merah
Ada kalanya saya sangat membenci aroma bawang merah, apalagi saat di iris tipis yang bikin nangis. tiap makanan yang ada bawang merahnya, pasti selalu saya sisihkan.
tapi anehnya, saya sangat menyukai rasa dan aroma bawang, saat di campur dg sate. apa karna udah ter netralisir sama bumbu sate ya??

2. Daun bawang
Dulu istri saya selalu uring2an karna tiap kali makan soto, mie ayam atau bakso yang di taburi irisan daun bawang, selalu saya buang.(daun bawangnya, bukan baksonya)
namun di saat yang lain gantian istri saya yang saya tantang makan lumpia pake daun bawang yang masih utuh panjang2. ternyata dia nggak doyang yang utuh. *nah lho*
aneh memang, saya doyan yang masih utuh panjang, ketimbang yang udah di iris. emang bedanya apa?

3. Taoge / kecambah
di masak model apa aja, saya gak suka kecambah, kecuali kalo kecambah yang di campur urap-urap.

4. lemon
Saya suka aroma lemon, tapi tidak akan saya makan saat berganti merk mama lemon (ini guyon)

5. makanan anjing.
Bukan.. bukan.. jangan salah sangka. saya gak akan pernah makan makanan itu. saya cuma heran aja, darimana mereka tahu kalo makanan anjing itu enak???

6. saya suka ngemut sesuatu.
Biasanya tusuk gigi, batang korek api, ato sedotan air mineral. tapi  syukurlah kebiasaan ini (yang katanya buruk) sudah bisa saya hentikan.
Penyebabnya, waktu itu saya berada dalam mobil perjalanan rombongan tim sepak bola kampung, ada yang janggal di mulut saya, karna saya lupa gak ngemut sesuatu.
pandangan saya tertuju batang korek api yang tergeletak di dekat jendela. tanpa assalamualaikum, langsung saja saya emut itu.
Teman di depan saya (kita duduk di belakang yang kursinya berhadap2an), cuma ngeliatin, sambil tersenyum kecil.
Waktu itu saya belum ngeh kenapa dia tersenyum seperti itu, setelah mendapat hidayah, akhirnya saya nebak
“ini bekas kau emut ya???”
dia cekikik’an… ah sial.

7. lidah saya berasa manis
Kalo gak percaya, silahkan mbak-mbak boleh mencicipinya.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.